SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Hafalan Terhadap Keberhasilan Siswa Kelas VII Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Semester II Tahun 2013/2014 Di SMP Salafiyah Pekalongan
Kata Kunci : Metode Hafalan, Keberhasilan Siswa.
Metode pembelajaran merupakan cara atau siasat yang digunakan untuk dapat memperlancar kearah pencapaian tujuan dalam suatu pembelajaran. Peranan metode ini akan nyata jika pendidik memilih metode yang sesuai dengan tingkat
kemampuan yang hendak dicapai oleh tujuan pembelajaran. Menghafal suatu pelajaran bukanlah suatu pekerjaan yang mudah karena dibutuhkan kesabaran, kedisiplinan, dan harus tabah menghadapi cobaan, tetapi bukanlah sesuatu yang
tidak mungkin apabila dilakukan dengan semangat dan usaha yang serius untuk menghafalnya. Sudah barang tentu dalam menghafal pelajaran memerlukan metode dan teknik yang memudahkan usaha-usahanya serta dapat mengatasimasalah-masalah yang ada sehingga berhasil apa yang diciptakan. Keberhasilan
berasal dari kata sesuatu yang diadakan dan dibuat oleh usaha pemikiran dan perbuatan.
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang
bagaimana implementasi metode hafalan terhadap keberhasilan siswa kelas VII dalam mata pelajaran Al-Quran semester II tahun 2013/2014 di SMP Salafiyah Pekalongan. bagaimana
problem penerapan metode hafalan terhadap keberhasilan siswa kelas VII dalam Al-Quran semes
ter II tahun 2013/2014 di SMP Salafiyah Pekalongan. dan apa faktor pendukung dan penghambat keberhasilan siswa kelas VII dalam mata pelajaran Al-Quran semester II tahun 2013/2014 di SMP Salafiyah Pekalongan.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif.
Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Risearch).
Metode yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan analisis komparasional tes .
Pada taraf 5% = 2,000 dan pada taraf 1% = 2,660
to= 63,42│to│= 63,42.
Dengan demikian: Pada taraf signifikan 5%│to│>tt
maka Ho ditolak, Ha diterima.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat implementasi antara metode
hafalan dengan keberhasilan siswa kelas VII dalam mata pelajaran Al-Quran semester II tahun 2013/2014 di SMP Salafiyah Pekalongan.
Pada taraf signifikan1%│to│>tt maka Ho ditolak,
Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat implementasi positif antara metode hafalan dengan keberhasilan siswa kelas VII
dalam mata pelajaran Al-Quran semester II t
ahun 2013/2014 di SMP Salafiyah Pekalongan.
Dari hasil penelitian di atas maka hipotesis yang peneliti ajukan adalah
(Ada Implementasi Positif Yang Signifikan Antara Metode Hafalan dengan Keberhasilan Siswa Kelas VII Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Semester II
Tahun 2013/2014 Di SMP Salafiyah Pekalongan). Jadi hipotesisnya dapat diterima.
12SK125921.00 | SK PAI14.1259 KHI i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain