SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Penggunaan Hotspot Terhadap Pembelajaran Mandiri Mahasiswa Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2010 Di STAIN Pekalongan
Kata kunci : Penggunaan Hotspot,Pembelajaran Mandiri.
Hotspot merupakan sebuah wilayah yang tidak terbatas yang dilayani oleh acces point Wirelles LAN, yang penggunanya dapat masuk kesitu melalui laptop, PDA dan sebagainya. Dengan fasilitas itu mahasiswa bisa mengakses apa saja
data-data atau informasi lain yang menunjang dalam pemelajarannya. Ataupun menyelesaikan tugas yang telah diberikan dosen, dalam hal ini mahasiswa secara tidak langsung akan memperoleh informasi baru, sehingga terjadi penambahan wawasan.
Dengan wawasan itulah yang nantinya kan membawa mahasiswa untuk melakukan pembelajaran mandiri. Adapun
rumusan masalah yang penulis ajukan adalah
1) Bagaimana penggunaan hotspot dikalangan
mahasiswa Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2010
di STAIN Pekalongan?
2) Bagaimana proses pembelajaran mandiri di kalangan mahasiswa?
3) Bagaimana korelasi antara penggunaan hotspot terhadap proses pembelajaran mandiri
dikalangan mahasiswa Tarbiyah PAI Prodi PAI Angkatan 2010 di STAIN Pekalongan?
Dengan tujuan 1) untuk mendeskripsikan
penggunaan hotspot di kalangan
mahasiswa Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2010
di STAIN Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mandiri
di kalangan mahasiswa Tarbiyah Prodi PAI Angkatan 2010 di STAIN Pekalongan. 3) Untuk
mendeskripsikan korelasi
penggunaan hotspot terhadap pembelajaran
di kalangan mahasiswa Tariyah Prodi PAI
Angkata 2010 di STAIN Pekalongan. Dan kegunaan penelitian adalah menambah wawasan ilmu
pengetahuan, khususnya ilmu pendidikan
teknologi dan bagi pendidik agar dapat
mengembangkan ilmunya
dalam mengajar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan
total sampling pada mahasiswa Tarbiyah Prodi
PAI Angkatan 2010 yang berjumah 504. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan metode angket, metode dokumentasi, metode observasi dan metode interview, dan jenis analisis yang
digunakan adalah analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan hotspot termasuk kategori baik hal ini dibuktikan dengan nilai 27 yang terdapat pada interval 27-29
dan pembelajaran mahasiswa
termasuk kategori cukup hal ini dibuktikan dengan
nilai 26 karena terdapat pada interval 25-27, sedangkan hubungan antara penggunaan hotspot
terhadap pembelajaran mandiri
mempunyai hubungan yang
cukup atau sedang, yaitu merujuk pada tabel dengan rumus Product Moment yang
mana bahwa angka korelasi bertanda positif atau korelasi searah yaitu rxy= 0,928 pada interval 0,
90-1,00 yang berarti interpretasi secara sederhana menunjukkan antara variabel persepsi siswa tentang variabel penggunaan hotspot
(x) dan variabel pembelajaran mandiri mahasiswa
(y) termasuk dalam kategori korelasi atau hubungan yang sangat kuat. jadi antara penggunaan hotspot dengan pembelajaran mandiri dengan db = 48, dalam taraf signifikan 5%, rt=0,285, ataupun taraf signifikan 1%, rt= 0,368
, terdapat korelasi positif yang signifikan.
12SK125821.00 | SK PAI14.1258 NOV k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain