SKRIPSI PAI
Penerapan Pendidikan Akhlak Bagi Peserta Didik Kelas V MSI 04 Bandengan Pekalongan
Kata kunci Pendidikan Akhlak.
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar atau proses
pembelajaran agar peserta didik dapat secara sadar mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan dan akhlaqul karimah.
Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat (2) disebutkan bahwa suatu Pendidikan Nasional adalah
pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan
Islam, baik sebagai system maupun institusinya, merupakan warisan budaya
bangsa, yang berurat berakar pada masyarakat bangsa Indonesia. Untuk itu
Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah (MSI) 04 Bandengan Pekalongan diharapakan bisa menjadi selan tempat atau isntitusi pendidikan yang mampu memberikan dan membimbing peserta didik untuk bekal hidup siswanya juga diharapkan mampu
memgembangkan dan mengarahkan
kepribadian peserta didik yang lebih baik
atau berakhlak positif konstruktif, juga menyelenggarakan atau menerapkan
kegiatan pembelajaran yang kreatif,
inovatif dan bermutu. Rumusan masalah
dalam skripsi ini diantaranya bagaimana konsep
penerapan Pendidikan Akhlak di MSI 04 Bandengan Pekalongan, bagaimana implementasi Penerapan Pendidikan Akhlak di MSI 04 Bandengan Pekalongan, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan Pendidikan Akhlak
terhadap peserta didik kelas V
MSI 04 Bandengan Pekalongan.
Adapun tujuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui konsep penerapan
Pendidikan Akhlak di MSI 04 Bandengan Pekalongan, mengetahui
implementasi penerapan Pendidikan Akhlak di MSI 04 Bandengan Pekalongan, dan mengetahui
faktor pendukung dan penghambat
penerapan Pendidikan Akhlak terhadap peserta
didik kelas V MSI 04 Bandengan Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif yaitu peneliti menganalisis masalah berangkat dari kasus-kasus yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman
nyata untuk kemudian dirumuskan menjadi konsep teori, prinsip, proposisi, atau
definisi yang bersifat umum. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pendidikan akhlak di MSI 04 Bandengan
merupakan bentuk pelaksanaan dari
materi mata pelajaran
akhlak yang materinya dimabil dari indikator-indikator nilai-nilai akhlak. Adapun
metode yang digunakan adalah metode yang biasa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar
dengan lebih menekankan pada salah satu metode yang di terapkan yaitu metode pembiasaan
bagi peserta didik dan teladan untuk pendidik. Sedangkan untuk evaluasinya diambil dari pencapaian pengetahuan dan
pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran akhlak dengan perilaku
keseharian peserta didik baik dilingkungan sekolah ataupun di lingkungan rumah dan teman sepergaulan. Adapun faktor yang mempengaruhinya adalah Yang
menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan
penerapan pendidikan akhlak bagi
peserta didik di MSI 04 Bandengan Pekalongan adalah kurikulum yang ada disekolahan dan
Perilaku dan Tauladan yang baik dari pendidik Faktor penghambat dari pelaksanaan
penerapan pendidikan akhlak bagi peserta didik di
MSI 04 Bandengan Pekalongan adalah sikap peserta didik terhadap proses
pembelajaran dan lingkungan tempat
peserta didik tinggal.
12SK124721.00 | SK PAI14.1247 SYA p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain