SKRIPSI PAI
Peran UKM Speac Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Di STAIN Pekalongan
Di dalam era globalisasi yang penuh tantangan dan persaingan seseorang dituntut tidak hanya memiliki pendidikan yang tinggi tapi juga diperlukan skill yang tinggi. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa. UKM SPEAC membantu mempermudah mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam bahasa inggris. Sebagai wadah belajar, memperdalam bahasa inggris mahasiswa, untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berbahasa inggris. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bgaimana peran unit kegiatan mahasiswa UKM SPEAC dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris di lingkungan mahasiswa. (2) Apa faktor penunjang dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan berbahasa inggris anggota UKM SPEAC. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran unit kegiatan mahasiswa UKM SPEAC dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris di lingkungan mahasiswa STAIN Pekalongan. (2) untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan berbahasa inggris anggota UKM SPEAC. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Metode Observasi adalah suatu metode pengumpulan data, dimana peneliti mengadakan pengamatan secara langsung. Metode ini digunakan untuk mengetahui kegiatan dan peran UKM SPEAC dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris di STAIN Pekalongan. (2) Metode interview atau wawancara adalah metode pengumpulan data melalui tanya jawab dan bercakap-cakap secara lisan (3) Metode dokumentasi adalah suatu cara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku. Adapun hasil penelitian ini adalah peran UKM SPEAC dalam meningkatkan kemampuan dalam bahasa inggris. Peran UKM SPEAC yaitu membantu mempermudah mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam berbahasa inggris mahasiswa, untuk membantu mahasiwa mengembangkan kemampuan berbahasanya. Peran UKM SPEAC dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris diantaranya adalah terbuka kepada para mahasiswa yang ingin belajar bahasa inggris. UKM SPEAC sangat mendukung untuk meningkatkan dan mengembangkan bahasa di kalangan mahasiswa STAIN, tapi dari kalangan mahasiswa sendiri kadang belum menyadari tentang bagaimana bahasa itu di era modernisasi dan meningkatkan bahasa di STAIN dengan cara adanya pengiriman mahasiswa ke Pare empat atau lima mahasiswa untuk belajar ke Pare dengan sebagian dari STAIN. Adanya beberapa kegiatan yaitu (1) kegiatan belajar mengajar (English Community dan Arabic Community). (2) Penerimaan anggota baru dan taaruf SPEAC. (3) Pelatihan test of English asa foreign language (TOEFL Training). (4) Smart (Journey an Language, Practice).(5) Lomba pidato bahasa inggris untuk SMA sederajat se Karesidenan Pekalongan. (6) Mading Bahasa (7) evaluasi bulanan, (8) Watching Movie. Adapun faktor penunjang dari UKM SPEAC STAIN Pekalongan adalah (1) Faktor penunjangnya adalah adanya program UKM SPEAC untuk menunjang berbahasa inggris. (2) adanya fasilitas yaitu sarana dan prasarana UKM SPEAC yang menunjang kemampuan berbahasa inggris di STAIN Pekalongan. (3) Adanya tutor yang mengajarinya bahasa inggris di UKM SPEAC (4) adanya kegiatan belajar mengajar tiap tiga kali seminggu yang dilaksanakan UKM SPEAC Pekalongan. Faktor penunjang dari anggota UKM SPEAC sendiri adalah (1) minat mengikuti belajar mengajar di UKM SPEAC STAIN Pekalongan, (2) percakapan yang dilakukan anggota UKM SPEAC STAIN Pekalongan terhadap orang asingnya langsung, (3) usaha untuk terus belajar dan berkembang. Faktor penghambat dari UKM SPEAC STAIN Pekalongan adalah (1) belum ada lap bahasa sendiri di UKM SPEAC sehingga masih menggunakan lap bahasa di STAIN Pekalongan. (2) waktu pelaksanaan pembelajaran terkadang bentrok dengan jadwal perkuliahan. Faktor penghambat dari anggota UKM SPEAC itu sendiri adalah (1) kurangnya semangat untuk melatih diri dan tidak percaya diri dalam mempraktekkan bahasa ingrrisnya, (2) kurangnya komunikasi anatar anggota UKM SPEAC, akibatnya ketinggalan jam untuk belajar bersama dan tidak mengikuti pembelajaran secara efektif di UKMM SPEAC.
12SK124521.00 | SK PAI14.1245 LAI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain