SKRIPSI PAI
Korelasi Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar, KeaktifanBelajar.
Salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya
adalah perpustakaan, yang harus memungkin
kan para tenaga kependidikan dan
para siswa memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam
pengetahuan melalui membaca buku dan koleksi lain yang diperlukan.
Bila siswa dapat diarahkan untuk lebih banyak membaca dengan tujuan belajar, tanpa
mengesampingkan tujuan yang lain, maka bisa diharapkan para siswa akan
mempunyai keaktifan belajar yang lebih baik dan prestasi belajar siswa akan dapat ditingkatkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1)Bagaimana pemanfaatan perpustakaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami Kecamatan Ulujami
Kabupaten Pemalang?,
2) Bagaimana keaktifan belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Ulujami
Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?,3) Bagaimana korelasi pemanfaatan perpustakaan dengan keaktifan belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Ulujami
Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. Adapun tujuannya : 1)
Untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang,
2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami Kecamatan Ulujami
Kabupaten Pemalang,
3) Untuk mengetahui korelasi pemanfaatan perpustakaan dengan keaktifan belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami
Kecamatan Ulujami Kabupaten
Pemalang. Dan kegunaannya adalah
sebagai bahan informasi bagi pengajar, siswa, pegawai dan orang tua tentang keberhasilan belajar siswa, salah satu faktornya ditentukan oleh keaktifan membaca buku di perpustakaan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (fieldresearch), sedangkan pendekatannya adalah pendekatan
kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya
adalah teknik pengumpulan data dengan metode
angket, metode dokumentasi, metode observasi dan metode wawancara, dan jenis analisisnya
adalah analisis statistik dengan teknik korelasi
product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa
termasuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 65 berada dalam interval 63-68.
Keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami termasuk kategori cukup, dengan nilai rata
-rata 63 berada dalam interval 64-69.
Berdasarkan hasil perhitungan nilai rxy=0,627, pada taraf signifikan 5%, rt= 0,291, berarti rxy> rt.
Sedangkan pada taraf signifikan 1%, rt= 0,376
, yang berarti rxy> rt.
Dengan demikian hipotesis yang berbunyi
. Dapat diterima kebenarannya.
12SK124221.00 | SK PAI14.1242 NIS k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain