SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Facebook Fans Page Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Mata Pelajaran PAI Siswa MTs Attaqwa Bandar
Penggunaan Facebook Fans Page, Pembelajaran
E-Learning.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat telah memunculkan produk
-produk TIK yang baru, salah satunya ialah Facebook Fans Page. Facebook Fans Page
merupakan produk modern yang tengah populer
dan dapat dimanfaatkan dalam
segala bidang kehidupan. Dalam bidang
pendidikan, penggunaan Facebook Fans Page
sebagai media pembelajaran E-Learning
merupakan sebuah inovasi yang
mampu memberikan kontribusi
terhadap perubahan proses pembelajaran, dimana proses belajar tidak lagi hanya
mendengarkan uraian materi dari guru tetapi siswa juga dapat melakukan aktifitas lain seperti
berdiskusi dan bereksplorasi secara mandiri
. Materi bahan ajar dapat divisualisasikan secara
on line dan bentuk yang lebih dinamis dan interaktif
sehingga peserta didik
akan termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran tersebut,di samping dapat
mengakses di luar jam sekolah
melalui komputer, handphone, maupun
gadget lainnya.
Penerapan media pembelajaran
Facebook Fans Page
pada bidang studi PAI di MTs Attaqwa Bandar, bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa sehingga mampu
meningkatkan hasil belajar mereka.
Rumusan masalahnya yaitu:
Bagaimanakah siswa MTs Attaqwa
Bandar menggunakan
Facebook Fans Page sebagai media pembelajaran
E-Learning mata pelajaran PAI?
Bagaimanakah efektivitas penggunaan
Facebook Fans Page sebagai media pembelajaran
E-Learning mata pelajaran PAI siswa MTs Attaqwa
Bandar? Tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Facebook Fans Page
sebagai media pembelajaran E-Learning
mata pelajaran PAI siswa
MTs Attaqwa Bandar jika dibandingkan dengan penggunaan media konvensional.
Model penelitian ini adalah eksperimen, dimana penelitian tersebut memberikan perlakuan (treatment) tertentu terhadap subjek penelitian yang bersangkutan dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design.
Sedangkan data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, angket, interview,
dokumentasi dan metode penunjang lainnya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai gainternormalisasi antara kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dimana nilai gainternormalisasi kelas eksperimen g= 0.54 dan pada kelas kontrol g= 0.30, sehingga
efektivitas penggunaan Facebook Fans Page
sebagai media pembelajaran
E-Learning mata pelajaran PAI siswa MTs Attaqwa Bandar dikatakan lebih tinggi atau lebih efektif
daripada penggunaan media pembelajaran konvensional.
12SK124021.00 | SK PAI14.1240 JUN e C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain