SKRIPSI PAI
Pengaruh Sistem Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MII 01 Pringlangu Pekalongan 2013/2014
Kata kunci: Sistem Mengajar, Motivasi Belajar Siswa
Sistem mengajar Guru sangatlah berpengaruh pada semangat siswa, Pendekatan sistem merupakan suatu pendekatan tertentu ke proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar adalah suatu penataan yang memungkinkan
guru dan siswa berinteraksi satu sama lain untuk memberikan kemudahan bagi siswa. Sehingga timbullah perasaan kepada siswa, bahwa siswa merasa diperhatikan oleh guru. Dari situlah guru akan mengerti tentang permasalahan
yang dihadapi oleh siswa, maka sebagai guru akan memberikan motivasi kapada
siswanya melalui berbagai metode dan sistem mengajar.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dikaji
adalah: Bagaimana sitem mengajar Guru pada mata pelajaran PAI? Bagaimana motivasi
belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI? Bagaimana pengaruh sistem mengajar Guru PAI terhadap motivasi belajar siswa? Adapun tujuan penelitian adalah
: Untuk mengetahui bagaimana sistem mengajar
yang dilakukan oleh guru PAI,
Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh si
stem mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa.
Adapun kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah: Menambah wawasan dan
pengetahuan empiris bagi pembaca, sebagai khasanah keilmuan bagi pendidikan
khususnya yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar
mengajar, Adapun secara praktis adalah: dapat dipakai sebagai bahan acuan dalam
usaha memperbaiki dan menyempurnakan proses pembeajaran agar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian fieldresearch (penelitian lapangan), dimana analisis yang digunakan berupa data-data angka yang diolah dengan metode statistika. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode
observasi,wawancara,angket/kuesioner
dan metode dokumentasi. Tekhnik yang
digunakan untuk menganalisis data dalam penelitiaan ini adalah dengan menggunakan rumus
regresi linier.
Adapun obyek penelitian ini adalah siswa
kelas VI yang jumlahnya 27 siswa.
Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: pengaruh sistem
mengajar Guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata peajaran PAI di MII 01 pringlangu hasilnya lemah, dalam hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan ttest= 0,023 yang dikonsultasikan dengan tabel baik pada taraf signifikansi 1%
yaitu 0,400 maupun pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,315. Dengan demikian
dapat diinterpretasikan bahwa hipotesis yang penulis ajukan tidak dapat diterima
karena tidak ada pengaruh antara sistem mengajar Guru terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di MII 01 pringlangu pekalongan.
12SK123921.00 | SK PAI14.1239 ANA p C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain