SKRIPSI PAI
Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Di MAN 3 Pekalongan
Kata kunci :
Kewibawaan Guru, Kedisiplinan Belajar
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup tanggungjawab, wibawa, mandiri
dan disiplin. belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai
hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Sedangkan kedisiplinan belajar dapat diartikan suatu sikap yang menunjukkan ketaatan dan
kepatuhan terhadap tata tertib belajar, guna memperoleh kecakapan sehingga berubah tingkah laku atau perilakunya.
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana kewibawaan guru di MAN 3 Pekalongan?
Bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik di
MAN 3 Pekalongan?
bagaimana pengaruh kewibawaan guru terhadap
kedisiplinan belajar peserta didik di MAN 3 Pekalongan?
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kewibawaan guru, kedisiplinan peserta didik dan
pengaruh kewibawaan guru terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MAN 3 Pekalongan. Kegunaan dari hasil penelitian ini antara lain: menambah cakrawala
pengetahuan sebagai modal pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan mendidik, dapat menjadi wacana untuk mengembangkan kewibawaan guru.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan
jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research).
Teknik pengumpulan datanya menggunakan ana
lisis dokumentasi dan angket.
Jenis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampling purposive.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat kewibawaan guru di MAN 3 Pekalongan memiliki rata-rata 84,1yang berada pada interval 83–86. Ini
menunjukkan bahwa tingkat kewibawaan guru dalam kategori baik. Tingkat
kedisiplinan belajar pesrta didik di MAN 3 Pekalongan memiliki rata-rata 74,75 yang berada pada interval 70–75.
Ini menunjukkan bahwa tingkat
kedisiplinan belajar pesrta didik di MAN 3 Pekalongan termasuk dalam kategori baik.
Dari uji ANOVA atau F test dapat dilihat nilai F hitung sebesar 9,386 dengan signifikansi
0,780 karena taraf signifikansi jauh
lebih besar dari taraf signifikansi 5 % dan 1 %
atau 0,780 > 0,050 dan 0,780 > 0,010 maka dapat dikatakan bahwa Kedisiplinan
belajar peserta didik di MAN 3 Pekalongan dapat dipengaruhi oleh kewibawaan guru di MAN 3 Pekalongan.
Dengan melihat hasil yang telah diperoleh dari
perhitungan analisis uji hipotesis dia tas maka hipotesis yang diajukan oleh penulis teruji kebenarnanya maka Ha diterima dan Ho ditolak.
12SK123821.00 | SK PAI14.1238 LES p C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain