SKRIPSI PAI
Peran Kepala Madrasah Dalam Mengelola Sistem Kerja Pendidik Di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah,
Sistem Kerja Pendidik
Peranan kepala Madrasah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab
kepala Madrasah untuk menggerakkan seluruh s
umber daya yang ada di Madrasah.
Di MIS Rembun ini, sistem kerja para pendidik
dalam kinerjanya menurun. Sehingga, perlu adanya peran kepala madrasah dalam mengelola sistem kerja pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.
Karena, peningkatkan kualitas pembelajaran terutama dari aspek sistem kerja pendidik merupak
an salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: Bagaimana pola
kerja Kepala Madrasah di MIS Rembun Siwalan?
Bagaimana sistem kerja Kepala
Madrasah di MIS Rembun Siwalan?
Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam
mengelola sistem kerja pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kerja Kepala Madrasah di MIS Rembun
Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan,
untuk mengetahui sistem kerja Pendidik
di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam mengelola
sistem kerja pendidik di MIS Rembun Siwalan
Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan
data tersebut dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dan dokumen resmi lainnya. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (Field Research).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
beberapa metode untuk mengumpulkan data-data
yaitu teknik observasi, teknik
interview, dan teknik dokumentasi. Sedangkan a
nalisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif yang dilakukan melalui tiga cara,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil beberapa
kesimpulan yang merupakan jawaban atas rumusan masalah, adapun
kesimpulan dari hasil penelitiannya adalah pola kerja sesuai dengan teori
psikologis dan teori sosiologis yang dikemukakan oleh G.R Terry, dalam teori
psikologis kepala MIS Rembun selalu memberikan
motivasi terbaik, pemimpin
merangsang bawahanya untuk bekerja ke arah pencapaian sasaran-sasaran organisatoris maupun untuk memenuhi tujuan-tujuan pribadi mereka.
Sedangkan,dalam teori sosiologis, kepala MIS Rembun Siwalan kabupaten Pekalongan selalu
mengikutsertakan para bawahannya dalam mengambil segala keputusan yang viii
berkaitan dengan kemajuan di MIS Rembun Siwalan kabupaten Pekalongan.
Sedangkan sistem kerja kepala madrasah di MIS Rembun mempunyai peranan
yang sangat penting baik dari etos kerja ma
upun dari segi kepemimpinannya.
12SK123721.00 | SK PAI14.1237 RIZ p C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain