SKRIPSI PAI
Upaya Guru Mapel PAI Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di SD Negeri 02 Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Guru Mapel PAI, Budaya Religius.
Pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah sangatlah penting, namun
pada kenyataannya selama ini pelaksanaan pendidikan agama Islam yang
berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan, di antaranya bahwa
pendidikan agama yang berlangsung saat ini cenderung lebih mengedepankan
aspek kognisi (pemikiran) daripada afeksi (rasa) dan psikomotorik (tingkah laku).
Padahal, fungsi utama pendidikan agama Islam di sekolah adalah memberikan
landasan yang mampu menggugah kesadaran dan mendorong peserta didik
melakukan perbuatan yang mendukung pembentukan pribadi beragama yang kuat.
Dari berbagai problematika pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah
selama ini dapat dicarikan solusinya yaitu dengan mewujudkan budaya religius di
sekolah. Dalam hal ini, guru mapel PAI sebagai seorang pendidik mempunyai
tugas, tanggung jawab, dan wewenang secara penuh dalam upaya mewujudkan
budaya religius di sekolah.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana upaya guru mapel PAI dalam
mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02 Kesesi Kecamatan Kesesi
Kabupaten Pekalongan, (b) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru
mapel PAI dalam upaya mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02 Kesesi
Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk (a) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru mapel PAI dalam
mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02 Kesesi Kecamatan Kesesi
Kabupaten Pekalongan, (b) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat
guru mapel PAI dalam upaya mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02
Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan bahwasanya upaya yang
dilakukan guru mapel PAI dalam mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02
Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan melalui tiga cara, yaitu (1)
menciptakan beberapa program kegiatan keagamaan melalui pendekatan formal
dan mekanik. Program kegiatan yang dilaksanakan adalah jabat tangan,
pembacaan asmaul husna, pembacaan surat-surat pendek atau hafalan juz amma,
berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, budaya 5S, shalat dhuhur berjamaah,
kultum, pelatihan qiroah, ekstrakurikuler rebana, dan PHBI; (2) melalui
persuasive-strategy, yakni dengan cara pembiasaan dan keteladanan; dan (3) mengadakan musyawarah dengan wali murid untuk bekerjasama mendirikan mushala.
Faktor yang mendukung guru mapel PAI dalam upaya mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02 Kesesi yaitu: adanya dukungan dan komitmen dari seluruh warga sekolah serta adanya mushala dan media yang digunakan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat guru mapel PAI dalam upaya mewujudkan budaya religius di SD Negeri 02 Kesesi yaitu: kurangnya kesadaran peserta didik dan kurangnya peran orang tua.
12SK123121.00 | SK PAI14.1231 SUR u C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain