SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang
Kata Kunci: Upaya Guru Dalam Pembinaan Akhlak
SD Negeri Cempereng Kandeman Batang adalah lembaga yang berada di Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Terletak tidak jauh dari perkotaan, namun nuansa Islam kurang begitu melekat erat pada sekolah tersebut, dikarenakan masyarakat di sekitarnya yang kurang berpegang teguh pada prinsip agama dan belum mampu mengembangkan ciri khas agamis tersebut sampai sekarang. Oleh karena itu, di sinilah letak pentingnya peran guru dalam membentuk akhlak peserta didik, khususnya di SD Negeri Cempereng Kandeman Batang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang? Bagaimana upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang? Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan akhlak peserta didik, untuk mendeskripsikan upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng, dan untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung upaya guru. Kegunaan penelitian diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan khasanah pendidikan khususnya keteladanan guru dan pembinaan akhlak siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data bersifat induktif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan dari tidak adanya peserta didik yang melakukan pelanggaran berat. Namun masih perlu adanya bimbingan dan arahan dari segenap belah pihak baik dari orang tua maupun dari guru sebagai pendidik untuk mengarahkan peserta didik kepada perilaku sosial yang baik dan benar. Kedua, upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri Cempereng Kandeman Batang, antara lain: melakukan tindakan konseling apabila terdapat peserta didik yang melakukan pelanggaran di sekolah, menggiatkan ekstrakurikuler di sekolah, guru mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan Ibadah, guru melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan peserta didik, dan mengundang ustadz dari luar daerah dalam acara PHBI. Ketiga, faktor penghambat upaya guru dalam pembinaan akhlak bagi peserta didik di SD Negeri Cempereng, antara lain: adanya sikap pemanjaan dari orang tua, Adanya sebagian peserta didik yang nakal sehingga mempengaruhi peserta didik yang lain, dan adanya permasalahan dalam keluarga. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain: semangat atau motivasi pada anak untuk belajar tentang PAI, perhatian dari segenap guru untuk mendampingi anak
didiknya dalam belajar, sarana dan prasarana yang memadai untuk belajar dan banyaknya TPQ di sekitar SD Negeri Cempereng.
12SK121821.00 | SK PAI14.1218 UMA u C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain