SKRIPSI PAI
Kompetensi Guru Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Anak Didik Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMP Darul Ulum Pemalang
Kata kunci : korelasi, prestasi belajar, kompetensi guru
Guru selain berperan dalam memberikan informasi namun juga berperan dalam membangkitkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dikarenakan peranan guru yang amat penting tersebut maka diperlukan guru yang memiliki kompetensi seperti yang telah disyaratkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kompetensi guru, bagaimana prestasi belajar anak didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan bagaimana tingkat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar anak didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang yang berjumlah 40 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Pemalang adalah termasuk kategori cukup dengan nilai yang paling dominan terletak pada interval 36 – 38 yaitu sebesar 45%. Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Darul Ulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah termasuk kategori kurang dengan nilai yang paling dominan terletak pada pada interval 73 – 74 yaitu sebesar 42,5%. Hasil perhitungan dengan rumus product moment Karl Pearson menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,413. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Darul Ulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
12SK121721.00 | SK PAI14.1217 WID k C.0 | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain