SKRIPSI PAI
Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Al-Maktab Simbang Kulon Kec. Buaran Kab. Pekalongan
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok dan penting bagi
kelangsungan hidup manusia berbangsa dan bernegara. Tujuan dari otonomi
daerah dalam pendidikan adalah meningkatkan pelayanan pendidikan,
pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sepanjang hayat, memberikan
keteladanan membangun kemauan, mengembangkan budaya baca, tulis, dan
hitung. Apabila ingin maju, lembaga pendidikan sekarang harus mau dan mampu
bekerja sama dengan stake holder di sekitarnya. Salah satu bentuk stake holder
yang pasti ada di lembaga pendidikan adalah masyarakat. Pembentukan komite
sekolah merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam lembaga pendidikan.
Sedangkan pada pendidikan non formal seperti pondok pesantren , pemerintah
belum mencanangkan hal tersebut. Padahal bentuk-bentuk partisipasi masyarakat
sangatlah diperlukan apalagi oleh pondok pesantren yang notabene adalah
pendidikan swasta yang hanya mendapat sedikit perhatian dari pemerintah.
Skripsi ini mengangkat tentang partisipasi masyarakat dalam
penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren Al-Maktab Simbang Kulon Kec.
Buaran. Bagaiaman potret partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan
pendidikan pondok pesantren Al-Maktab Simbang Kulon Kec. Buaran?,
Bagaimana potret faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan
pendidikan pondok pesantren Al-Maktab Simbang Kulon Kec. Buaran? Kedua hal
tersebutlah yang ingin Penulis gali serta menjadi tujuan dari penelitian ini.
Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan kontribusi terhadap
dunia pendidikan di Indonesia. Penulis juga hendak menggugah masyarakat agar
lebih berpartisipasi dalam pendidikan terutama pendidikan non formal bidang
keagamaan. Serta memberikan informasi kepada Pemerintah untuk lebih
memperhatikan pendidikan non formal terutama pondok pesantren.
Dalam penulisan skripsi ini, Penulis menggunakan metode penelitian
melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research
(lapangan) yang dilakukan di pondok pesantren Al-Maktab Simbang Kulon Kec.
Buaran Kab. Pekalongan. Untuk pengumpulan data, Penulis menggunakan
metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Setelah data yang
diperlukan terkumpul, Penulis menganalisa data tersebut dengan langah reduksi
data, display atau sajian data dan verifikasi atau penyimpulan data.
Setelah diadakan penelitian, ternyata partisipasi masyarakat dan
penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren Al-Maktab Simbang Kulon
Kec. Buaran Kab. Pekalongan termasuk dalam kategori . Tetapi yang
lebih penting adalah bahwa antara partisipasi masyarakat dengan penyelenggaraan
pendidikan pondok pesantren, ternyata antara keduanya terdapat korelasi yang
kuat. Ini berarti bahwa semakin baik partisipasi masyarakat, semakin baik pula
penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren. Dengan demikian, maka hipotesis
yang penulis ajukan dapat diterima.
12SK121021.00 | SK PAI14.1210 KHA p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain