SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Hasil Belajar PAI Kelas V SDN Wonosobo 02 Kec. Blado Kab. Batang
Kata – kata kunci : tipe pembelajaran kooperatif, hasil belajar anak didik, mata
pelajaran PAI.
Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu kurikulum yang menjadi sebuah keharusan bagi setiap lembaga pendidikan di Indonesia. Dengan beragam perubahan tipe kurikulum tiap tahun semakin disempurnakan pada hal-hal yang kurang sesuai dengan tuntuan zaman. Karena didalamnya banyak terdapat muatan akhlak agar siswa menjadi baik. Seperti halnya tentang materi kisah Rasul ulul azmi agar siswa meneladani dari kisah para nabi.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana siswa SD Wonobodro 02 dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik, karena sering kali tertukar antara kisah rasul ulul azmi dengan rasul selain ulul azmi .Sehingga, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match di SD Wonobodro 02?, bagaimana hasil belajar PAI anak didik SD Wonobodro 02 ?, bagaimana korelasi anatara pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar anak didik SD Wonobodro 02?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian field research ( penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SD Wonobodro 02 kelas V pada tahun pelajaran 2012/2013. Dengan jumlah siswa 24 anak didik. Variabel penelitian ada dua yaitu tipe pembelajaran kooperatif tipe Make a match (X) sebagai variable bebas dan hasil belajar PAI (Y) sebagai variable terikat. Tehnik pengumpulan data dengan nilai harian antara pembelajaran dengan ceramah (X) dan Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match (Y). Analisis data menggunakan statistika dengan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kategori sangat baik diraih oleh 13 anak atau sebesar 54%, nilai kategori baik diraih oleh 11 anak atau sebesar 46%. Hal ini secara nyata dibuktikan dari hasil rxy sebesar 0,99 dibanding nilai r dengan taraf kesalahan 5% dan N=24 adalah 0,423 sedangkan nilai r dengan taraf kesalahan 1% dan N=24 adalah 0,537, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar peserta didik di SDN Wonobodro 02.
11SK119521.00 | SK PAI14.1195 ABR k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain