SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan PP RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SDN Kayuares Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara
Kata Kunci: PP RI, Standar Nasional Pendidikan, Pembelajaran PAI.
Guru adalah unsur manusiawi dalam pendidikan yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan, figur guru mesti terlibat dalam agenda pembicaraan, terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di sekolah. Pendidikan guru adalah bagian integral sistem pendidikan nasional dan merupakan usaha sadar dan berencana bagi pengadaan guru sebagai kunci dalam proses pelaksanaan pendidikan nasional.
Melihat kenyataan tersebut rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan PP RI Nomor 19 tahun 2005, dan bagaimana proses pembelajaran PAI di SD Negeri Kayuares Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara? dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan PP RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam proses pembelajaran PAI di SD Negeri Kayuares Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru SD Negeri Kayuares yang mengampu mata pelajaran PAI dan siswa SD Negeri Kayuares. Sumber data sekunder yang digunakan adalah Kepala SD Negeri Kayuares, guru kelas SD Negeri Kayuares dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini serta sumber-sumber lain yang relevan. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Kayuares belum melaksanakan PP RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dapat dilihat dari guru yang ada yaitu SD Negeri Kayuares tidak ada guru mata pelajaran agama, meskipun pembelajaran agama tetap terlaksana. Proses pembelajaran PAI tidak melalui proses perencanaan, tanpa membuat RPP, bersifat spontanitas. Cukup memenuhi Standar Proses Pembelajaran.
11SK119221.00 | SK PAI14.1192 MAR p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain