SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak-Anak Cacat Mental (Tuna Grahita) Di SDLB PRI Buaran Pekalongan
Kata Kunci Metode Demonstrasi dan Pembelajaran PAI
Penggunaan metode demonstrasi diharapkan dapat membantu dan memudahkan dalam pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB). Sebab dengan kondisi mental yang cacat (grahita) dan dengan keterbatasan yang ada, metode ini menjadi alternatif bagi guru untuk mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar di SDLB tersebut
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan? (2) Bagaimana Strategi Keberhasilan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan? dan (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan? (2) Strategi Keberhasilan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan dan (3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan.
Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesimpulan dari observasi dan wawancara.
Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak cacat mental (tuna grahita) di SDLB Kota Pekalongan dilakukan dengan perencanaan sebagai tindakan menyiapkan bahan-bahan yang menunjang pelaksanaan metode demonstrasi tersebut. Kemudian dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode demonstrasi yang mengajak secara langsung kepada siswa selaku peserta didik untuk memperagakan materi yang diajakarkan seperti praktik wudhu, sholat dan pembacaan al-Quran. Hal-hal yang menjadi strategi keberhasilan (1) kurikulum yang mengikuti kemampuan siswa (2) apersepsi yang mudah dimengerti (3) Pengajaran yang mudah dan menyenangkan. Faktor-faktor yang menjadi pendukung: (1) Kesiapan guru dalam melakukan srategi pembelajaran PAI (2) Kesiapan siswa dalam menerima materi pelajaran PAI. (3) Suasana pembelajaran yang baik (4) Pengembangan manajemen yang
diterapkan di SDLB. Faktor Penghambat: (1) Diperlukannya kesungguhan dalam
penanganan anak-anak cacat mental (tuna grahita). (2) Kondisi siswa dalam kelas
yang memang perlu penanganan khusus sehingga penerapan metode pembelajaran
tidak dapat langsung diterima mereka dengan optimal. (3) Memerlukan waktu
yang lama dalam upaya memahamkan siswa atau menuntun dan membimbing
anak-anak yang menjadi siswa SDLB tersebut.
11SK119121.00 | SK PAI14.1191 DEW p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain