SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Problematika Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB PRI Pekalongan
Pendidikan agama merupakan salah satu kebutuhan rohaniah maupun sebagai pegangan hidup, Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk akhlak bagi siswa yang mengalami ketidaksempurnaan salah satu fungsi panca indera (fisik mereka tidak normal). Untuk itu mereka memerlukan pendidikan yang khusus. Pembelajaran agama sebagai kegiatan untuk mencapai tujuan instruksional, jenis dan prosedur kegiatannya harus membutuhkan rangkaian yang cermat, agar jenis prosedur kegiatan yang dipilih dan ditetapkan nantinya mempunyai nilai fungsional yang tinggi sebagai alat pencapaian tujuan.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelakasanaan pembelajaran mapel PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SDLB PRI Pekalongan dan problematika apa yang dihadapi dalam pembelajaran mapel PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SDLB PRI Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mapel PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SDLB PRI Pekalongan dan untuk mengetahui problematika apa yang dihadapi dalam pembelajaran mapel PAI pada siswa berkebutuhan khusus.
Jenis penelitian skripsi ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wujud data penelitian ini berupa catatan lapangan, rangkuman pengamatan, catatan interview, dan transkip dari arsip atau dokumen yang ada di SDLB PRI Pekalongan. Untuk metode analisis data peneliti menggunakan teknik analisa data kualitatif deskriptif dan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mapel PAI pada anak berkebutuhan khusus di SDLB PRI Pekalongan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Dalam pelaksanaan kurikulum mengacu kepada kemampuan siswa. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan strategi pembelajaran (pendekatan, metode, media, dan evaluasi) yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenis ketunaan yang disandang oleh siswa. Problematika pembelajaran mapel PAI pada anak berkebutuhan khusus di SDLB PRI Pekalongan terletak pada kemampuan dan karakteristik siswa, manajemen kelas, interaksi timbal balik, pengembangan materi PAI, pelibatan Orangtua Siswa dan penggunaan instrumen evaluasi. Namun demikian problematika yang dihadapi bukan merupakan hambatan utama tetapi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran mapel PAI menjadi tantangan bagi setiap guru dalam memajukan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus.
11SK117921.00 | SK PAI14.1179 KHI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain