SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Fiqih Di Kelas IV MI Al-Huda Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang
Kata Kunci: Implementasi Metode Kerja Kelompok
Penggunaan metode belajar kelompok untuk mengajar mempunyai tujuan
agar peserta didik mampu bekerja sama dengan teman yang lain dalam mencapai
tujuan bersama. Prinsip utama belajar kelompok adalah bahwa peserta didik bekerja
melakukan tugas dalam group dua orang atau lebih di mana mereka didorong dan
dimotivasi untuk membantu temannya dalam belajar (bukan saling berkompetisi
dalam group).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi
metode kerja kelompok dalam pembelajaran fiqih di kelas IV MI Al-Huda
Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang? faktor apa saja yang mendukung
dan menghambat implementasi metode kerja kelompok dalam pembelajaran fiqih di
kelas IV MI Al-Huda Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang?. Kegunaan
penelitian secara praktis adalah memberikan gambaran dan masukan kepada guru di
IV MI Al-Huda Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang untuk melakukan
metode belajar kelompok guna meningkatkan peran aktif belajar peserta didik pada
mata pelajaran fiqih.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan metode deskriptif
analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi metode kerja
kelompok dalam pembelajaran fiqih di kelas IV MI Al-Huda Durenombo dilakukan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tabel dan diagram nilai kerja kelompok siswa
kelas IV MI Al-Huda Durenombo diperoleh hasil 14 siswa atau 77,7 % tuntas belajar
dan 4 siswa (22,2 %) belum tuntas belajar dengan nilai KKM pembelajaran fiqih
sebesar 70. Kedua, faktor yang mendukung implementasi metode kerja kelompok
dalam pembelajaran fiqih di kelas IV MI Al-Huda Durenombo, antara lain: Faktor
yang berasal dari dalam (intern) yakni motivasi dalam diri siswa untuk belajar, dan
faktor yang berasal dari luar (ekstern) yakni adanya materi yang mendukung.
Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: Faktor yang berasal dari dalam
(intern) yakni siswa terlalu banyak bermain bersama teman-temannya, adanya rasa
malas dalam diri siswa, dan faktor yang berasal dari luar (ekstern) yakni
membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengantisipasi hambatan tersebut
guru melakukan hal sebagai berikut: memperbolehkan siswa untuk mengerjakan
kerja kelompok di rumah, membagi kelompok dengan sistem 1 : 2 artinya 1 orang
siswi dan 2 orang siswa, dan memberikan umpan balik berupa fotocopy yang
berhubungan dengan materi pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai referensi
bagi siswa.
11SK117621.00 | SK PAI14.1176 MUJ i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain