SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Model Pembelajaran CTL Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Salafiyah Menjangan Kec Bojong Kab Pekalongan
Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL dan Akidah Akhlak
Masalah utama dewasa ini pada pendidikan formal (sekolah) adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari rerata hasil belajar peserta didik yang senatiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu (belajar untuk belajar). Dalam arti yang lebih substansial, bahwa model pembelajaran hingga saat ini masih mamberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya.
Dalam penelitian ini penulis memaparkan rumusan masalah yaitu, Bagaimana penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Salafiyah Menjangan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran CTL pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Salafiyah Menjangan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan ? Sedangkan kegunaan penelitian ini Kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah Menambah wawasan dan memperdalam khasanah pengetahuan penulis terutama sekitar pengetahuan tentang penerapan model pembelajaran CTL dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Sebagai bahan acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya. Kegunaan secara praktis adalah Sebagai dasar untuk melakukan perubahan sistem pembelajaran. Khususnya dalam penggunaan model pembelajaran. Untuk bahan pertimbangan dalam merekontruksi proses pembelajaran yang selama ini kegiatan belajar mengajar yang masih bersifat satu arah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran CTL MI Salafiyah Menjangan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Penerapan model pembelajaran CTL dalam mata pelajaran akidah akhalk di MI Salafiyah Menjangan Kabupaten Pekalongan adalah penerapan model pembelajaran CTL seperti pada bab Asmaul Husna. Anak-anak dibagikan fotocopyan Asmaul Husna setiap paginya dibaca sebelum masuk kekelas. Hal ini sesuai dengan materi dalam akidah akhlak yang terdapat bab tentang asmaul khusna. Kemudian beliau membimbing jalannya pembacaan asmaul khusna. Di pimpin oleh temannya sendiri yang berada didepan untuk mengkoordinir dalam pembacaan asmaul khusna walau terkadang masih banyak kurang khusu dalam membaca asmaul
khusna. selanjutnya beliau juga menuturkan dengan model pembelajaran seperti
model pembelajaran CTL diharapkan memberikan perubahan pola pikir siswa-siswinya.
Sehingga para siswa-siswinya mampu menerapkan antara materi dengan
apa yang ada disekitar tempat ia tinggal. Pembelajaran pun bukan hanya dari
sumber buku akan tetapi juga dapat mengambil contoh dari lingkungan ia tinggal.
Beliau menuturkan didalam pelaksanaan model pembelajarn CTL tersebut
terdapat faktor pendukung dan penghambatnya dalam penyampaian materi
pembelajaran CTL. Faktor pendukung penyampaian model pembelajaran CTL
yaitu adanya buku mata pelajaran sebagai pegangan, dengan adanya buku materi,
maka bisa menyampaikan pelajaran sesuai indikatornya. Sedangkan faktor
penghambatnya yakni terkadang ada beberapa anak yang memang kurang cerdas
tidak sama dengan teman yang lainnya maka dipelukan waktu yang lebih lama
untuk menjelaskan materi, kesulitan siswa dalam menumbuhkembangkan untuk
berpendapat dalam proses pembelajaran berlangsung, kurangnya media sebagai
penunjang proses pembelajaran, kurangnya bisa melihat langsung hasil
pembelajaran CTL.
11SK117421.00 | SK PAI14.1174 RIY p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain