SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Pengelolaan Emosi Siswa Melalui Pembelajaran Character Building Di SDIT Ulul Albab Pekalongan
Kata kunci : Pengelolaan emosi dan pembelajaran character building
Pengelolaan emosi merupakan hal yang penting untuk membuat anak menjadi anak yang mempunyai perilaku baik khususnya mengendalikan diri. Pengendalian diri tersebut berkaitan erat dengan karakter yang ditanamkan di sekolahnya. Sebagai lingkungan pendidikan sekolah sangat penting dalam mengembangkan pengelolaan emosi siswanya agar siswa dapat mengontrol emosi. Oleh karena itu diperlukan strategi yang dilakukan guru untuk mengelola emosi siswanya dengan baik.
Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana upaya pengelolaan emosi siswa melalui pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi upaya pengelolaan emosi siswa khususnya pengendalian diri melalui pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif karena data ini berupa data kualitatif berupa uraian-uraian atau teks lisan yang diperoleh dari berbagai sumber. Dengan cara data-data khusus terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar mempunyai perilaku baik dan mempermudah guru untuk mengontrol perilaku siswa. Materi-materi dan metode pembelajaran character building sangat mendukung membentuk siswa untuk bisa mengendalikan diri. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengelola emosi siswa dilakukan melalui pembelajaran character building dengan nasihat, games, pengawasan, pemberian hadiah, memberi perhatian, membiasakan siswa untuk ikhlas meminta dan memberi maaf. Sedangkan pengintegrasian di lingkungan sekolah melalui keteladanan, pembiasaan dan pengkondisian lingkungan. Pembelajaran character building ini dan pengintegrasian lingkungan sekolah saling melengkapi. Dengan diterapkannya sebagai upaya pengelolaan emosi siswa tersebut, siswa menjadi lebih bisa untuk mengendalikan diri, dapat mengelola konflik, mudah meminta dan memberi maaf, selain itu siswa memiliki kemampuan mengelola emosi lebih baik dari kondisi sebelumnya.
11SK117221.00 | SK PAI14.1172 ZAH u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain