TA PERBANKAN SYARIAH
Manajemen Jasa Pelayanan di BNI Syariah Cabang Pekalongan Tahun 2008-2009
Peningkatan persaingan di bidang jasa perbankan syariah telah mengarahkan perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa perbankan syariah untuk mencari cara-cara yang menguntungkan dalam mendeferensikan diri terhadap pesaing bisnis jasa perusahaan.Banyak bank Syariah yang menawarkan jasa pelayanan maka semakin nyata persainmgan yang dialami oleh perbankanb di Indonesia.BNI Syariah merupakan salah satu bank yang memberikan jasa pelayanan yang berorientasi pada nasabah.Namun suatu layanan yang diberikan kepada nasabah tidak akan bertahan baik tanpa adanya manajemen jasa dan strategi manajemen jasa yang jitu dan terarah sehingga mampu menarik minat nasabah menjadi mitra kerja.Penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpoulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan induktif.Hasil penelitian ini adalah mengenai manajemen jasa pelayanan BNI Syariah menerapkan beberapa fungsi-fungsi manajemen antara lain perencanaan(planning) yaitu menetapkan penyusunan standar layanan.Pengorganisasian (organizing) yaitu menetapkan pemantapanpetugas frontliners.Pengawasan (controling) yaitu menetapkan pengawasan dari Branch Quality Assurance (BQA) Pelaporan (reporting) yaitu menetapkan penilaian dengan metode mistery soffet.Sedangkan untuk strategi manajemen jasa yang digunakan dalam meningkatkan pelayanan antara lain yaitu dengan metode role play (bermain peran) morning briefing (pengarajhan singkat pada pagi hari).memberikan pelatihan-pelatihan sharing moments (pertemuan dalam rangka berbagi pengalamanb menarik)dan mistery fandor/soffet (penilaian dari pihak luar).Dengan adanya manajemen dan strategi pelayanan tersebut BNI mampu meningkatkan minat nasabah untuk bergabung menjadi mitra kerja.
11TA117045.00 | TA 651.1 BAI m C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain