TA PERBANKAN SYARIAH
Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Pengembangan Produk Berbasis Tabungan Wadiah di BNI Syariah Cabang Pekalongan
Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa yang pemasarnya sesuai syariah dengan menjalankan spiritual marketing yang intinya mampu memberikan kebahagiaan, menjalankan keadilan dan kejujuran kepada pelanggan atau nasabahnya. Karena nasabah merupakan penentu keberlangsungan BNI Syariah Cabang Pekalongan,tanpa nasabah BNI Syariah Cabang Pekalongan tidak akan maksimal dan profit yang akan dihasilkan tidak akan optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi pemasaran produk di BNI Syariah Cabang Pekalongan,dan bagaimana implementasi manajemen pemasaran dalam pengembangan prodsuk berbasis tabungan wadiah di BNI Syariah Cabang Pekalongan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pemasaran produk di BNI Syariah Cabang Pekalongan ,dan untuk mengetahui implementasi manajemen pemasaran dalam pengembangan produk berbasis tabungan wadiah di BNI Syariah Cabang Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metyode analisis deskriptif analisis. Berdasarkan hasil dan analisis penelitian,maka bahwa kondisi pemasaran produk di BNI Syariah Cabang Pekalongan selama ini sudah baik dan telah menerapkan konsep pemasaran yaitu konsep produksi,produk penjualan,pemasaran, kemasyarakatan. Meskipun demikian,BNI Syariah Cabang Pekalongan masih memiliki beberapa kendala baik internal maupun eksternal. Namun,kendala tersebut tidak menghambat berlangsungnya kegiatan pemasaran produknya. Sedangkan manajemen dalam mengembangkan produk berbasis tabungan wadiah telah diterapkan dengan baik terbukti bahwa produk tabungan berbasis wadiah yang tergolong produk baru telah mengalami perkembanhgan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nasabah yang menyimpan dananya pada produk yang berbasis wadiah yaitu jumlahnya mencapai 2.634 nasabah.
11TA117042.00 | TA 2X4.234 NOV i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain