SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Yayasan Gondang Terhadap Kemajuan Satuan-Satuan Pendidikan Yang Diselenggarakannya
Sebuah lembaga pendidikan dibuat tentunya secara umum dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan manusia baik dari segi IMTAQ maupun IPTEK. Pencapaian tujuan pendidikan ini tentunya harus melibatkan semua pihak yang mengelola sebuah pendidikan termasuk juga yayasan sekolah yang bertindak sebagai pemilik sekolah khususnya sekolah swasta. Yayasan Gondang merupakan sebuah lembaga berbadan hukum yang membawahi sekolah dan masjid yang ada di Desa Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Yayasan Gondang ini membawahi 8 pendidikan formal dan 3 pendidikan non formal. Untuk pendidikan formal yang dibawahinya mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah-sekolah tersebut baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Yayasan Gondang guna menjalankan perannya dalam memajukan satuan – satuan pendidikan yang diselenggarakannya ? apa saja faktor yang mendukung dan menghambat peran Yayasan Gondang dalam memajukan satuan – satuan pendidikan yang diselenggarakannya ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan , faktor pendukung dan penghambat Yayasan Gondang dalam upaya memajukan satuan pendidikannya. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk ikut memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bagi yayasan pengelola sekolah swasta agar mampu menjadikan pendidikan di swasta memiliki kualitas setara dengan sekolah negeri sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan manusia melalui IMTAQ dan IPTEK.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan ( field research ), dengan penyusunannya menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data tentang upaya – upaya dan strategi yang dilakukan Yayasan Gondang guna memajukan satuan-satuan pendidikan yang dikelolanya melalui wawancara langsung, observasi baik lapangan maupun foto dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan secara logis dan kritis dengan pendekatan studi manajemen pendidikan terhadap peran Yayasan Gondang dan strategi yang dilakukan dalam memajukan pendidikan di satuan – satuan pendidikan yang diselenggarakannya guna memperoleh pemahaman dan kesimpulan yang jelas.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa Yayasan Gondang dalam memajukan satuan-satuan pendidikannya termasuk dalam kategori berperan aktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara mengenai program-program yang dibuat oleh yayasan dalam menerapkan kedisiplinan dan pendidikan karakter. Juga secara kontinu melakukan pembinaan, kontrolling dan pengawasan sehingga satuan-satuan pendidikan yang dikelola yayasan memilki kedisiplinan yang kuat, konsisten dalam pengembangan pendidikan karakter, guru yang berdedikasi tinggi,mengarahkan pengembangan minat dan bakat siswa, memiliki sarana dan prasarana yang berkualitas serta mampu menjalin hubungan baik
dengan masyarakat dan lingkungan dan hal ini menjadikan pendidikan di Yayasan
Gondang mengalami kemajuan yang pesat dari tahun ke tahun. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Yayasan Gondang memiliki peran yang
sangat nyata dalam memajukan satuan-satuan pendidikan yang
diselenggarakannya.
11SK116321.00 | SK PAI14.1163 SAA p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain