SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Strategi Pembelajaran Moving Class Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Berkategori Mandiri
Kajian ini dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era
modern ini, setiap sekolah melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak
merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu
penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar,
suasana menjadi kaku dan monoton. Penerapan moving class diharapkan dapat
memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan adanya moving class ini,
diharapkan siswa akan merubah cara belajar dar i belajar pasif menjadi belajar aktif.
Pada penelitian ini penyusun mengambil permasalahan tentang bagaimana
strategi pembelajaran moving class dan prestasi belajar peserta didik kelas X di SMA
Negeri 2 Pemalang serta adakah pengaruh strategi pembelajaran moving class
terhadap prestasi belajar peserta didik tersebut.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kuantitatif.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode observasi, metode angket, metode i nterview dan metode dokumentasi. Serta
menganalisis data dengan analisis korelasional menggunakan rumus r product
moment. Selain data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis regresi satu prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X
(pelaksanaan moving class) dan variabel Y (peningkatan prestasi belajar siswa).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembelajaran moving class di
kelas X SMA Negeri 2 Pemalang termasuk dalam kategori cukup baik. Setelah dicari
koefisien korelasinya dengan menggunakan rumus product moment, maka
didapatkan hasil ro bernilai 0,832 yang terletak pada interval 0,71 -0,90 berarti
terdapat korelasi positif yang signifikan antara strategi pembelajaran moving class
dengan prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang dan apabila
dianalisis secara cermat dengan tabel pada taraf signifikasi 5% r t bernilai 0,304
sedangkan ro bernilai 0,832, maka ro > rt sehingga menolak Ho dan menerima Ha.
Sedangkan pada taraf signifikasi 1% r t bernilai 0,393 dan ro bernilai 0,832, maka ro >
rt sehingga menolak Ho dan menerima Ha.
11SK115521.00 | SK PAI14.1155 ASY p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain