SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Di MAS Hidayatul Athfal Banyuurip Alit Pekalongan
Kata Kunci: Punishment, Reward, Pemahaman Aqidah Akhlaq
Aqidah Akhlaq merupakan mata pelajaran yang memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai keagamaan dalam akhlaqul karimah di kehidupan sehari-hari, sehingga dala mengajarkannya dibutuhkan pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar mudah dipahami dan diterima dengan baik oleh siswa. Salah satu alat pendidikan yang berfungsi untuk memotivasi siswa dalam proses belajar adalah dengan metode reward (ganjaran) dan punishment (hukuman), diharapkan dengan metode ini dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang ada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dan dapat membawa dampak positif yang dapat menjadikan siswa untuk menjadi lebih baik.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana reward dan punishment di MAS Hifal?, (2) Bagaimana pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAS Hifal?, (3) Bagaimana implementasi reward dan punishment dalam mengembangkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAS Hifal?. Tujuan penelitian untuk mengetahui reward dan punishment di MAS Hifal, mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAS Hifal, mengetahui implementasi reward dan punishment dalam mengembangkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAS Hifal. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, dan secara praktis diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan bagi almamater pada khususnya sebagai sumbangan akademis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan interviu atau wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kualitatif, dimana data tersebut tidak berupa angka tetapi berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa dan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Proses penarikan kesimpulan penulis menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian diketahui bahwa reward dan punishment di MAS Hifal sudah dilaksanakan dengan baik, karena guru dalam memberikan reward dan punishment kepada siswa dengan menggunakan jenis-jenis dan prinsip yang
sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh para ahli serta memperhatikan
kelebihan daan kelemahan yang ditimbulkan oleh reward dan punishment
terhadap siswa. Pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI
adalah cukup baik, sebagian siswa kelas XI tidak hanya menghafal sesuatu yang
dipelajari, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk menangkap makna dari
sesuatu yang dipelajari pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq tersebut seperti
membiasakan diri berperilaku terpuji dan menghindari perbuatan tercela. Adapun
implementasi reward dan punishment dalam mengembangkan pemahaman siswa
pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MAS Hifal sudah cukup baik, hal
ini terlihat dari adanya dampak positif yang ditimbulkan oleh reward dan
punishment.
11SK115221.00 | SK PAI14.1152 NIS i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain