SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Guru Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Minat Siswa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan
Pada dasarnya setiap individu memiliki beberapa potensi, potensi tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai bentuk aktivitas yang dilakukan individu. Aktivitas untuk mengembangkan potensi tersebut didorong oleh kebutuhan yang dirasakan oleh masing-masing individu . Siswa sebagai individu juga mempunyai keinginan mengembangkan potensinya, yaitu meraih prestasi baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru di luar jam mengajar atau merupakan kegiatan tambahan yang merupakan program sekolah agar sekolah dapat maju dan berkembang, kegiatan ekstrakurikuler tersebut juga memiliki fungsi sebagai sarana bagi siswa untuk menyalurkan energi, kreatifitas dan pikirannya dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat. Dari latar belakang masalah judul yang penulis paparkan diatas, maka skripsi ini membahas tentang Peran Guru Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Dengan rumusan masalah: Bagaimana minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kedungwuni?. Bagaimana peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 kedungwuni? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kedungwuni, Untuk mengetahui peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu bahan kajian teori mengenai aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler serta mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan kualitas sekolah dan dapat dijadikan sebagai sumbangan pikiran bagi sekolah khususnya guru dalam usahanya mengembangkan minat dan bakat siswa. Serta dari penelitian ini dapat menambah dan memperkaya khasanah pengetahuan tentang pendidikan dan ekstrakurikuler di sekolah, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah analisis data induktif yaitu data yang bersifat khusus dikembangkan menjadi pola yang bersifat umum.
Hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa untuk berprestasi dalam
kegiatan ekstrakurikuler dan untuk mengisi waktu luang dapat dimanfaatkan
dengan kegiatan ekstrakurikuler yang positif sehingga siswa dapat memperoleh
manfaat yang baik. Adapun peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan
minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler adalah dengan memberikan angket
ekstrakurikuler pada awal kelas X, mewajibkan siswa untuk mengikuti
ekstrakurikuler tertentu, menambah guru ekstrakurikuler tertentu, menyediakan
kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan menyehatkan serta menambah
ilmu dan dari pihak sekolah menyediakan tempat kegiatan yang nyaman dan
berusaha melengkapi sarana dan prasarana serta guru berperan aktif dalam
kegiatan ekstrakurikuler dan berusaha meningkatkan kualitas kinerja guru dalam
kegiatan ekstrakurikuler.
11SK115121.00 | SK PAI14.1151 KAM p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain