SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Keagamaan Di MTs Salafiyah Jenggot
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan agama Islam di sekolah yang sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Bermacam-macam argumen yang dikemukakan untuk memperkuat statemen tersebut, antara lain adanya indikator-indikator kelemahan yang melekat pada pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah, diantaranya pendidikan agama Islam kurang bisa mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi dan atau kurang mendorong penjiwaan terhadap nilai-nilai keagamaan yang perlu diaktualisasikan dalam diri peserta didik. Sehingga peserta didik kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam keseharian.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot?, faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan Selatan dan dapat menambah wawasan ilmu serta menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat pada perkuliahan terutama dalam kaitannya dengan masalah aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan mengambil latar MTs Salafiyah Jenggot, Pekaongan Selatan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan analisa deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di MTs Salafiyah Jenggot antara lain: pertama, nilai keimanan atau akidah melalui kegiatan: membaca Asmaul husna dan do’a serta istighosah/ dzikir menjelang ujian. Kedua, nilai keibadahan atau syariah melalui kegiatan: sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, tadarus al-Quran sebelum memulai pelajaran dan membaca surat yasin setelah sholat dhuhur berjamaah. Ketiga, nilai kesusilaan atau akhlak melalui kegiatan: membaca asmaul husna dan budaya mengucapkan salam. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung diantaranya, guru dan karyawan, peserta didik, tata tertib sekolah, dan orang tua siswa.
Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat diantaranya, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah atau teman dan lingkungan masyarakat. Dengan demikian pendidikan di MTs Salafiyah Jenggot tidak hanya mengajarkan teori-teori saja namun juga mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada diri peserta didiknya. Nilai tersebut akan tercermin dalam keseharian peseta didik sehingga tercipta generasi yang cerdas, berakhlak mulia dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam istilah yang populer dikenal dengan kemampuan IPTEK dan IMTAQ.
11SK114921.00 | SK PAI14.1149 ARY a C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain