SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Strategi Mengajar Guru PAI Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang
Kata kunci : Strategi Mengajar Guru PAI Dengan Motivasi Belajar Siswa
Salah satu faktor keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah strategi
pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Strategi pembelajaran guru yang baik yang
dapat menyampaikan materi dengan baik akan dapat meningkatkan prestasi belajar
peserta didik, sebaliknya jika strategi pembelajaran guru yang kurang baik akan
menyebabkan peserta didik malas atau cenderung enggan untuk belajar, sehingga
motivasi belajar pada diri peserta didik akan berkurang. Dengan demikian salah satu
kunci keberhasilan peserta didik adalah faktor dari guru yang menyampaikan materi
itu sendiri, seberapa baik dia mengajar dan seberapa pandai dia menyampaikan
materi pelajaran, tentu diperlukan metode dan cara khusus pula.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi mengajar
guru PAI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang? bagaimana motivasi belajar
siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang? bagaimana korelasi
strategi mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri
Pejambon Warungasem Batang?. Tujuan untuk mengetahui strategi mengajar guru
PAI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang, untuk mengetahui motivasi
belajar siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang, untuk
mengetahui korelasi strategi mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa kelas
VI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun
dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi mengajar guru PAI di
SD Negeri Pejambon Warungasem Batang termasuk kategori Baik. Hal ini
berdasarkan nilai rata-rata angket tentang strategi mengajar guru PAI di SD Negeri
Pejambon Warungasem Batang termasuk kategori Baik adalah 70, apabila
dimasukkan dalam interval nilai maka terletak pada interval 70 – 71 masuk dalam
kategori baik. Kedua, Motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon
Warungasem Batang termasuk dalam kategori Cukup. Hal ini berdasarkan nilai ratarata
angket tentang motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon
Warungasem Batang adalah 67, apabila dimasukkan dalam nilai interval terletak
pada interval 67 – 68 masuk dalam kategori cukup. Ketiga, Ada pengaruh yang
signifikan antara korelasi antara strategi mengajar guru PAI dengan motivasi belajar
siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang. Penghitungan pada
tingkat kesalahan 5 % dan 1 % memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi
positif yang signifikan antara strategi mengajar guru PAI dengan motivasi belajar
siswa kelas VI di SD Negeri Pejambon Warungasem Batang. Dengan demikian
hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
11SK114521.00 | SK PAI13.1145 MUS k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain