SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Keluarga Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Gapuro Warungasem Batang
Kepala Sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan sekolah yang akan menentukan bagaimana tujuan-tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya direalisasikan sehubungan dengan manajemen berbasis sekolah adalah segala upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di sekolahnya untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang dan untuk mendeskripsikan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang. Kegunaan penelitian ini secara praktis adalah memberikan masukan kepada pihak sekolah dalam menerapkan kurikulum Muatan Lokal (Mulok) yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang ada empat macam, yakni Kepala Sekolah berperan dalam Perencanaan (Planning), Kepala Sekolah berperan dalam Pengorganisasian (Organizing), Kepala Sekolah berperan dalam Penggerak (Actuating), Kepala Sekolah berperan sebagai Pengawas (Monitoring), Keempat peran tersebut sudah dilakukan dengan baik oleh Sirojul Huda selaku Kepala Sekolah di MIS Gapuro Warungasem Batang. faktor yang mendukung peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum muatan lokal (Mulok) di MIS Gapuro Warungasem Batang adalah : Pertama, Faktor yang berasal dari dalam (intern), meliputi : sifat familiar serta keramahan dari kepala sekolah dan ketegasan kepala sekolah dalam menerapkan peraturan sekolah. Kedua, faktor yang berasal dari luar (ekstern), meliputi : dukungan dan komitmen dari guru untuk kepala sekolah dan adanya keputusan berdasarkan musyawarah mufakat yang mencakup kepentingan umum. Sedangkan faktor yang menghambat, adalah : kurangnya pendanaan dalam setiap kegiatan kurikulum muatan lokal dan minimnya sarana dan prasarana.
11SK114421.00 | SK PAI13.1144 AFI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain