TA PERBANKAN SYARIAH
Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah Terhadap Produk Simpanan Sukarela (SIRELA) Di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan
Kata kunci : Mudharabah, Sirela, Kesesuaian
Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang berdiri pada tahun 1994 dan merupakan BMT pertama di Wiradesa, Pekalongan. Salah satu produknya adalah Sirela dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Tabungan Sirela memiliki anggota lebih banyak dibandingkan produk-produk simpanan yang lain di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan. Jumlah anggota Sirela mencapai 60% dari keseluruhan anggota simpanan di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan akad mudharabah muthlaqah pada produk Sirela dan mengapa produk Sirela lebih diminati dibandingkan produk simpanan lainnya di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan penerapan akad mudharabah muthlaqah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Sirela adalah tabungan investasi syariah yang dapat diambil kapan saja dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah, yaitu anggota sebagai shahibul maal mendaftar terlebih dahulu kemudian menyerahkan dana dalam bentuk simpanan. BMT sebagai mudharib menyalurkan dana kepada anggota yang membutuhkan pembiayaan. Anggota pembiayaan memberikan bagi hasil kemudian BMT memberikan bagi hasil kepada anggota yang porsinya ditetapkan dalam bentuk nisbah diawal akad.(2) Alasan anggota memilih KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan dengan Produk Sirela dikarenakan terdapat bagi hasil, persyaratan mudah, dana dapat diambil sewaktu-waktu, tidak terdapat administrasi setiap bulan, setoran terjangkau, adanya pelayanan jemput bola, pelayanan yang ramah, lokasi yang trategis, dan adanya kepercayaan dari anggota.
01TA011412.00 | TA TA14.114 TUT p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain