SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Pendayagunaan Fasilitas Belajar Laptop Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 STAIN Pekalongan
Kata Kunci : Pendayagunaan Laptop dan Minat Belajar.
Usaha meningkatkan minat belajar seseorang, sangat dipengaruhi oleh kematangan dalam diri sendiri dan tersedianya fasilitas belajar yang memadai. Dalam hal ini fasilitas belajar yang dimaksud adalah laptop/netbook. Laptop/netbook adalah sebuah perangkat komputer yang comportable yang bisa dibawa ke mana-mana, memiliki fungsi kegunaan untuk berbagai keperluan computing seperti mengetik, mengolah data, online internet, menyimpan data, dan lain sebagainya. Begitu besar kegunaan laptop dalam kehidupan sehari-hari, lebih-lebih bagi para penuntut ilmu. Namun demikian sisi negatif dari penggunaan yang tidak terkontrol juga perlu kita telusuri. Maka dari itu peneliti akan mencari tahu bagaimana pendayagunaan laptop untuk kalangan mahasiswa, karena mahasiswa adalah tunas-tunas bangsa yang matang. Sampel yang akan diambil peneliti adalah mahasiswa jurusan tarbiyah angkatan 2011 STAIN Pekalongan.
Permasalahannya adalah Bagaimana pendayagunaan laptop mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 STAIN Pekalongan ? Bagaimana minat belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 STAIN Pekalongan? Dan Bagaimana pengaruh pendayagunaan laptop terhadap minat belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 STAIN Pekalongan ? Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendayagunaan laptop trhadap minat belajar mahasiswa jurusan tarbiyah angkatan 2011 STAIN Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research), dengan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan regresi linier sederhana dengan progam SPSS Ver. 17.0.
Hasil penelitiannya adalah Pendayagunaan laptop/netbook di STAIN Pekalongan dapat terlaksana dengan maksimal, dibuktikan dari hasil presentase skor keseluruhan sebesar 1325/1800x100% = 73,61, angka tersebut dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 STAIN Pekalongan dapat terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dari hasil presentase skor keseluruhan sebesar 1206/1800x100% = 67, angka tersebut dalam kategori cukup. Kemudian hasil analisis pengaruh ke dua variabel. Meskipun hasil masing-masing variabel itu bagus tapi saat peneliti menghitung pengaruh antara ke duanya, hasil analisis diperoleh nilai T hitung 1,750 lebih kecil dari T tabel sebesar 2,048 pada tingkat signifikasi 5% , maka dapat disimpulkan bahwa pendayagunaan laptop tidak berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa jurusan tarbiyah STAIN Pekalongan angkatan 2011, dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan ditolak.
11SK114021.00 | SK PAI13.1140 ZUH p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain