SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Kelengkapan Administrasi Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Peserta Didik Di SMP Al-Ikhlas Kendeman Batang Tahun 2012/2013
Kata Kunci: Kelengkapan Administrasi Guru Terhadap Keberhasilan Belajar
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan komponen yang penting
dan utama dalam proses mengajar. Keberhasilan proses belajar mengajar juga
ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, guru dituntut menjadi seorang yang profesional
dan berkompeten dibidangnya. Sebagai tenaga yang professional guru harus
menyiapkan pengalaman yang siap pakai, serta dalam proses pengajaran.
Pelaksanaan administrasi baik dilihat dari prinsip, fungsi dan kegiatan lainnya
sangatlah berpengaruh terhadap produktivitas sekolah. Karena administrasi personil
adalah segenap proses penataan di dalamnya. Pelaksanaan administrasi di sekolah
harus berlangsung tertib seperti guru pada umumnya. Maka tergerak hati penulis
untuk mengetahui pentingnya pelaksananaan administrasi guru pada sebuah sekolah
untuk keberhasilan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelengkapan
administrasi guru di SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang Tahun 2012/2013?
bagaimana keberhasilan belajar peserta didik di SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang
Tahun 2012/2013? bagaimana pengaruh kelengkapan administrasi guru di SMP Al-
Ikhlas Kandeman Batang terhadap keberhasilan belajar peserta didik tahun
2012/2013?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelengkapan administrasi
guru, untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, untuk mengetahui
pengaruh kelengkapan administrasi guru di SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang
terhadap keberhasilan belajar peserta didik tahun 2012/2013. Kegunaan penelitian
diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan
terutama yang berhubungan dengan administrasi guru dan pengaruhnya terhadap
keberhasilan belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah guru yang ada di SMP Al-Ikhlas Kandeman yang berjumlah 13 orang
guru. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket,
interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan
analisis data dengan rumus statistik korelasi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kelengkapan administrasi guru di
SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang Tahun 2012/2013 termasuk kategori Baik, karena
nilai rata-rata angket tentang kelengkapan administrasi guru di SMP Al-Ikhlas
Kandeman Batang Tahun 2012/2013 (Variabel X) sebesar 71 berada di interval 70 –
71 yang berada pada kategori baik. 2) Keberhasilan belajar peserta didik di SMP Al-
Ikhlas Kandeman Batang Tahun 2012/2013 termasuk kategori Cukup, karena nilai
rata-rata angket tentang keberhasilan belajar peserta didik di SMP Al-Ikhlas
Kandeman Batang Tahun 2012/2013 (Variabel Y) sebesar 67 berada di interval 67 – 68 yang berada pada kategori Cukup. 3) Dari hasil perhitungan product moment
dengan N = 13 diperoleh hasil bahwa nilai rxy = 0,456 terletak pada interval 0,41 –
0,70 sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel X dan Y terdapat korelasi
yang cukup atau sedang. Dapat dikatakan bahwa antara pengaruh kelengkapan
administrasi guru di SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang terhadap keberhasilan belajar
peserta didik tahun 2012/2013 terdapat korelasi yang cukup atau sedang. Dengan
demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat pengaruh kelengkapan
administrasi guru di SMP Al-Ikhlas Kandeman Batang terhadap keberhasilan belajar
peserta didik tahun 2012/2013) dapat diterima kebenarannya.
11SK113921.00 | SK PAI13.1139 SET p | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain