SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SDIT Ulul Albab Pekalongan
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang
kandungan isi materinya sarat dengan muatan norma dan nilai-nilai didalamnya.
Tentunya memerlukan penilaian yang bukan hanya terpusat pada satu aspek saja,
tetapi harus mencakup seluruh aspek pembelajaran, yaitu aspek pengetahuan
(kognitif), aspek sikap (afektif), dan aspek ketrampilan (psikomotorik). Karena
penilaian merupakan salah satu proses urgen dalam proses belajar mengajar, maka
dibutuhkan suatu perbaikan dalam penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDIT Ulul Albab Pekalongan, bagaimana
implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
di kelas IV SDIT Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi penilaian portofolio dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDIT Ulul Albab
Pekalongan, Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai tambahan untuk
memperluas cakrawala pengetahuan yang lebih dalam dalam terutama yang
berkaitan dengan penilaian portofolio, dan sebagai informasi bagi sekolah untuk
lebih memahami tentang konsep penilaian portofolio.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya
gejala-gejala yang diselidiki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa
prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan
terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun
menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Jadi bentuk analisis ini merupakan
penjelasan-penjelasan bukan berupa angka-angka statistik atau bentuk angka
lainnya
Penelitian ini mendeskripsikan penilaian pendidikan yang diterapkan di
kelas IV SDIT Ulul Albab mengacu pada Multiple Intelegences. Penilaian yang
dilakukan yakni penilaian portofolio dapat juga disebut dengan penilaian otentik.
Yaitu penilaian proses. Artinya, penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam berlangsung sejak awal hingga akhir pembelajaran.
Penilaian ini mencakup semua ranah pembelajaran, yaitu penilaian kognitif,
penilaian afektif dan penilaian psikomotorik.
11SK113821.00 | SK PAI13.1138 RAC i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain