SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa
Kata Kunci: Kreativitas, peserta didik, media puzzle.
Usia dini merupakan masa yang penting dan menentukan bagi keberlangsungan perkembangan anak di masa mendatang. Untuk itu diperlukan stimulasi untuk perkembangan secara optimal dan dipikirkan pula suatu program stimulasi untuk mengembangkan potensi anak serta kreativitasnya. Media puzzle adalah suatu media yang diterapkan pada pendidikan usia dini, yang merupakan model pembelajaran yang menempatkan anak pada posisi yang proposional. Media puzzle merupakan salah satu media yang bermanfaat untuk mengetahui tingkat kreativitas pada anak usia dini.
Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi peserta didik di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa, ketika mengikuti proses pembelajaran, banyak dari mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan berfikir kreatif. Dari permasalahan tersebut, dalam meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik dianggap penting dimiliki oleh peserta didik di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana upaya untuk meningkatkan kreativitas peserta didik melalui media puzzle di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa. Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang penulis gunakan ialah dengan teknik deskriptif melalui prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik sebelum menggunakan media puzzle menunjukkan bahwa respon peserta didik masuk pada kategori kurang. Kreativitas peserta didik di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa sesudah penerapan media puzzle, pada siklus I menunjukkan bahwa mayoritas respon dari peserta didik pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik pada kategori baik, pada siklus ini mengalami peningkatan dari siklus I. Pada siklus III menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa sudah bisa menerima media puzzle dalam mengetahui tingkat kreativitas peserta didik. Kreativitas peserta didik melalui media puzzle di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa, memiliki tingkat kreativitas sedang. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa kreativitas peserta didik di PAUD Tunas Karya Waru Lor Wiradesa akan meningkat dengan menggunakan media puzzle dapat diterima kebenarannya.
11SK113321.00 | SK PAI13.1133 FAU p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain