SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Pembinaan Akhlak Anak Melalui Metode Cerita Di RA Fadlli Robbi Desa Banjaran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Upaya Pembinaan Akhlak Anak Melalui Metode Cerita
Metode cerita adalah bagian dari metode nasehat yang merupakan suatu cara dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menuturkan secara kronologis tentang bagaimana terjadinya sesuatu baik yang sebenarnya maupun rekaan. Dari hasil observasi yang dilakukan di RA Fadlli Robbi diketahui bahwa metode cerita digunakan di RA tersebut. Metode cerita dilakukan dengan cara menyajikan sebuah kisah atau cerita dengan maksud mengambil hikmah atau pelajaran yang bermanfaat bagi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode cerita di RA Fadlli Robbi? bagaimana upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi? Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode cerita di RA Fadlli Robbi, untuk mengetahui upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi. Kegunaan penelitian secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi para pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa. Secara praktis diharapkan sebagai bahan masukan bagi guru yang ada di RA Fadlli Robbi guna meningkatkan akhlak siswanya melalui metode cerita.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Penggunaan metode cerita di RA Fadlli Robbi beralasan karena metode cerita banyak disukai oleh anak-anak, tidak ketinggalan jaman, serta dapat dilakukan inovasi. Jenis cerita yang sering digunakan adalah cerita sejarah Islam, cerita kepahlawanan, dan cerita fiksi (khayalan). Kedua, Upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi dibiasakan dengan cara: siswa diajarkan patuh dan hormat terhadap guru dan orang tua, mau menuruti apa yang diajarkan dan diperintahkan oleh guru, tidak suka bertengkar dan mengejek, tidak suka berbohong, serta selalu tersenyum dan mau menjawab salam. Ketiga, Faktor yang mendukung upaya pembinaan akhlak anak melalui metode cerita di RA Fadlli Robbi, antara lain: pengalaman mengajar guru yang lama, lebih disukai oleh siswa, dan tersedianya buku cerita yang menarik. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain: rasa malu dan pesimis dari guru untuk menerapkan metode cerita, kebinggungan memilih cerita, dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
11SK113221.00 | SK PAI13.1132 YUL u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain