TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Syariah Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekalongan
Kesejahteraan pada masa purna tugas merupakan dambaan bagi setiap orang. Ini terlihat dari sikap serta tindakan hampir setiap individu untuk berusaha meningkatkan penghasilannya dengan berbagai cara agar dapat menyisihkan atau menginvestasikan penghasilan yang mereka dapatkan selama bekerja. Karena itulah, institusi bisnis macam apa pun perlu mengusahakan agar masalah penghargaan selama masa purna tugas pegawai atau karyawannya diatasi dengan cara manusiawi yang kemudian kita kenal dengan sebutan . Saat ini DPLK merupakan salah satu produk yang ada di Bank Muamalat Indonesia. DPLK mampu memberikan solusi pendapatan yang lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan di masa usia purna tugas. Dengan perencanaan pensiun yang terprogram dan terencana dengan baik maka akan mendapatkan kepastian kesejahteraan yang lebih baik pada saat masa pensiun tiba. Maka dengan ini penulis membahas tentang strategi pemasaran DPLK di BMI Cabang Pekalongan dan strategi pemasaran yang digunakan guna meningkatkan jumlah nasabah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif yang menjabarkan tentang strategi pemasaran DPLK di BMI Cabang Pekalongan sehingga dapat diketahui peningkatan jumlah nasabah DPLK. Penulis memakai sumber data primer sebagai data utama yang diperoleh langsung dari lapangan dengan mewawancarai pihak BMI Cabang Pekalongan. Selain itu penulis menggunakan data sekunder berupa literatur buku penunjang, karya ilmiah ataupun yang lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu kemudahan pengajuan DPLK muamalat itu sendiri dengan syarat yang sangat mudah serta strategi pemasaran yang digunakan BMI Cabang Pekalongan untuk produk DPLK muamalat adalah strategi pemasaran jasa elemen 7p dan STP. Dari elemen yang digunakan itu terdapat kenaikan jumlah nasabah dengan rata-rata 33%.
Hasil tugas akhir ini disimpulkan bahwa mekanisme pengajuan DPLK Muamalat sangat mudah dan sistem bagi hasilnya tiap bulan tidak tentu, dan produk DPLK Muamalat menggunakan strategi pemasaran 7P dan STP sehingga dapat dikatakan efektif. Hal itu terbukti dari kenaikan nasabah rata-rata 33% per tahunnya.
01TA011312.00 | TA TA14.113 MUA s | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain