SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Sebagai Metode Mengajar Membaca Siswa Kelas 1 Dan 2 Di SDN Pacar Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014
Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif karena dengan membaca, seseorang akan memperoleh informasi, memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman-pengalaman yang bersifat baru. Semua yang diperoleh melalui bacaan akan memungkinkan seseorang mampu mempertinggi pemikiran dan wawasannya dan memperluas pandangannya, karena membaca adalah jendela dunia. Membaca juga merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari – hari. Kegiatan membaca setiap saat dilakukan oleh individu.Di era global banyak informasi-informasi disampaikan melalui media – media elektronik maupun media cetak, dengan demikian kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang penting yang harus dimiliki oleh individu, oleh karena itu pembelajaran membaca di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting.
Sedangkan Rumusan masalahnya Bagaimana penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan. Untuk mengatahui penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media buku cerita bergambar di SDN Pacar Tirto Pekalongan dan problematika apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media buku cerita bergambar sebagai metode mengajar membaca di SDN Pacar Tirto Pekalongan.
Jenis penelitian skripsi ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wujud data penelitian ini berupa catatan lapangan, rangkuman pengamatan, catatan interview, dan transkip dari arsip atau dokumen yang ada di SDN Pacar Tirto Pekalongan. Untuk metode analisis data peneliti menggunakan teknik analisa data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa . penggunaan media buku cerita
bergambar sangat cocok jika diterapkan dalam proses pembelajaran membaca
permulaan di kelas 1 dan 2, karena media tersebut dapat merangsang siswa dalam
pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan. Media buku cerita
bergambar tersebut diwujudkan dalam bentuk visual ke dalam bentuk dua dimensi
sebagai hasil pikiran dan perasaan.
11SK112821.00 | SK PAI13.1128 ROD p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain