SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Internalisasi Nilai-Nilai keberagaman Dalam Pengembangan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab.Pekalongan
Salah satu indikator utama dari kekurangberhasilan pendidikan agama di sekolah adalah semakin meningkatnya para pelajar yang terlibat dalam tindakan pidana. Fenomena di atas tidak terlepas dari adanya pemahaman yang kurang benar tentang agama dan keberagamaan (religiusitas) yang hanya berhenti pada wilayah kognisi tidak sampai menyentuh aspek afeksi dan psikomotorik. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia, maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan, keluarga, sekolah maupun masyarakat. Salah satu upaya dari pihak sekolah untuk dapat menginternalisasikan nilai ajaran Islam kepada diri peserta didik adalah dengan menciptakan suasana religius di sekolah, kegiatan-kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang dilaksanakan secara terprogram dan rutin (pembiasaan) diharapkan dapat mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Apa saja bentuk-bentuk kegiatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan?, Apa saja nilai keberagamaan yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan?, Bagaimana bentuk internalisasi nilai-nilai keberagamaan dalam pengembangan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan?, Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai keberagamaan dalam mengembangkan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan?. Tujuan dari penulisan skripsi adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kegiatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan, untuk mengetahui apa saja nilai keberagamaan yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan, untuk mengetahui bentuk internalisasi nilai-nilai keberagamaan dalam pengembangan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai keberagamaan dalam mengembangkan karakter siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan. Kegunaan dari penulisan skripsi ini adalah kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi kalangan pendidikan yaitu sebagai bahan wacana, pengembangan keilmuan terutama berkenaan dengan peningkatan mutu pembelajaran untuk menciptakan peserta didik yang mempunyai karakter luhur dan berkepribadian muslim, memberi sumbangan pemikiran dan informasi untuk kemajuan lembaga dalam internalisasi nilai-nilai keberagamaan dalam pengembangan peserta didik, serta
untuk kajian penelitian lebih lanjut. Kegunaan praktis: Hasil penelitian ini
dijadikan bahan pertimbangan bagi Dinas Pendidikan khususnya bagi lembaga
terkait sebagai bahan pertimbangan dalam menata, melaksanakan, serta
menanamkan nilai-nilai keberagamaan secara optimal dalam pengembangan
Pendidikan Agama Islam (PAI) agar dapat menghasilkan output yang berkualitas
dan membentuk pribadi beragama yang kuat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi lapangan (field research). Adapun teknik pegumpulan data yang digunakan
adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data
berupa deskriptif kualitatif.
Hasil dari analisis penelitian ini adalah dalam menginternalisasikan nilai
keberagamaan di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan melalui kegiatan
keagamaan yang bersifat formal-struktural dan non-formal struktural serta melalui
amaliah ubudiyah dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan,
pengawasan, nasehat, dan hukuman. Adapun faktor pendukung dan penghambat
proses internalisasi nilai-nilai keberagamaan adalah faktor internal yang berasal
dari diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa.
11SK112421.00 | SK PAI13.1124 ROS i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain