SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Pada Anak Usia Dini Di PAUD YAA Bunayya Batang
Kata kunci : Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Akidah, Anak Usia Dini. Anak didik merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam proses pendidikan. Hal tersebut mengingat, fokus utama proses pendidikan adalah pembentukan anak didik menjadi manusia-manusia baru yang menyadari tentang potensi-potensi kemanusiaan yang dimiliki, dan menggunakan potensinya itu sesuai norma budaya, dan agama yang dianutnya. Pada tahap lanjut, anak diharapkan menyadari pula posisi kemanusiaan yang melekat pada dirinya melalui proses pendidikan yang dijalani, yaitu, dapat lebih mengenal diri dan penciptanya, sekaligus mengerti antara keduanya serta melakukan hubungan-hubungan manusia dengan Tuhan sebagaimana yang seharusnya. Dengan demikian dapat dikatakan, bahwa terminal akhir proses pendidikan adalah menjadikan peserta didik sebagai manusia yang memiliki bekal ilmu, iman, dan akal. Dengan ilmu, akan memudahkan kehidupan yang akan dilaluinya di dunia ini. Atas dasar pemikiran diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan akidah di PAUD Yaa Bunayya Batang. Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akidah pada anak usia dini di PAUD Yaa Bunayya Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan akidah, serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan akidah pada anak usia dini di PAUD Yaa Bunayya Batang. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1) bagi orang tua dan masyarakat : menambah informasi mengenai penerapan akidah pada anak usia dini. 2) bagi guru : menambah wacana keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan akidah terutama pada anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akidah pada anak usia dini di PAUD Yaa Bunayya Batang. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Untuk menganasis data peneliti menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan akidah pada anak usia dini di PAUD Yaa Bunayya Batang dimulai dari penanaman kepada anak untuk mengenal Allah Swt dengan menunjukkan ciptaan Allah Swt, mengenalkan nama-nama Allah Swt, dan mengenalkan rukun iman. Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan ini diharapkan memiliki kualifikasi sebagai insan kamil. Kepribadian Islam tersusun atas tiga unsur yaitu pemahaman (ilmu), keyakinan (iman) dan prilaku (amal sholih). Hal ini untuk membekali anak menginjak jenjang pendidikan yang lebih tinggi supaya terbiasa dengan nilai-nilai pendidikan akidah.
11SK112121.00 | SK PAI13.1121 MUS i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain