SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Fikih Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MASS Proto Kedungwuni
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar
Peran kompetensi pedagogik guru dalam mengajar adalah sebagai pengelola proses belajar mengajar dan bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan tidak membosankan. Apalagi pelajaran agama islam kurang mendapat perhatian dari peserta didik, guru harus mengembangkan bahan pelajaran dengan baik dan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan yang harus mereka capai.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana kompetensi pedagogik guru fikih MASS Proto Kedungwuni?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI MASS Proto Kedungwuni?, Bagaimana korelasi kompetensi pedagogik guru fikih dengan motivasi belajar siswa Kelas XI MASS Proto Kedungwuni?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru fikih MASS Proto Kedungwuni, motivasi belajar siswa kelas XI MASS Proto Kedungwuni, korelasi kompetensi pedagogik guru fikih dengan motivasi belajar siswa kelas XI MASS Proto Kedungwuni. Kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapakan dapat memberikan sumbangan bagi pendidikan dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada, khususnya yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik guru fikih terhadap motivasi belajar siswa, sebagai bahan untuk acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya, dapat memberikan masukkan dan informasi-informasi pada pihak-pihak yang berkepentingan, diantaranya orang tua, guru, pihak sekolah dan pihak-pihak yang terkait tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan cara meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru fikih dengan motivasi belajar siswa kelas XI MASS Proto Kedungwuni. Kompetensi pedagogik guru fikih MASS Proto Kedungwuni termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 49,11. Nilai tersebut berada pada interval 49-53, yang masuk dalam klasifikasi baik. Motivasi belajar siswa Kelas XI MASS Proto Kedungwuni termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 47, 53. Nilai tersebut berada pada interval 45- 50, yang masuk dalam klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru fikih dengan motivasi belajar siswa kelas XI MASS Proto Kedungwuni. Hal ini terbukti
berdasarkan perhitungan, setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r
sebesar 0,49. Penulis menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 %
dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 %, t r sebesar 0,349 berarti | h r | > t r ,
maka o H ditolak, a H diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, t r sebesar
0,449 maka | h r | > t r , maka
o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat disimpulkan
bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara
kompetensi pedagogik guru fikih dengan motivasi belajar siswa kelas XI MASS
Proto Kedungwuni. Jadi hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
11SK112021.00 | SK PAI13.1120 RIS k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain