SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Program Pembiasaan Membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang
Program Pembiasaan Membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang diwujudkan dalam bentuk pengajaran dan pembiasaan siswa untuk membaca dan menulis Al Quran. Sebelum dimulai pelajaran, siswa dibiasakan untuk membaca Al Quran dan setelah pembelajaran ditutup dengan membaca Al Quran pula. Dengan demikian diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang? Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang. Kegunaan penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan solusi dan kreatifitas kepada guru Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang untuk menerapkan program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan {field research}. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang, antara lain : pembacaan asmaul husna, pembelajaran BTQ, pembiasaan sholat Dhuhur berjamaah, hafalan surat-surat pendek Juz Amma, dan penempelan ayat-ayat Al Quran dan Hadits. Kedua, Faktor yang mendukung dalam program pembiasaan membaca Al Quran Di MTs Dr. Hamka Gondang Pemalang, antara lain : faktor yang berasal dari dalam [intern] adanya motivasi dalam diri siswa untuk mau belajar membaca Al Quran, faktor yang berasal dari luar [ekstern], adalah adanya pembelajaran tambahan BTQ di madrasah, banyak siswa yang mengikuti TPQ sepulang sekolah, adanya guru yang profesional. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain : kurangnya teguran dari pihak guru tentang perilaku siswa dan adanya sikap acuh tak acuh ditambah dengan pemanjaan dari orang tua.
11SK111721.00 | SK PAI13.1117 MUN p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain