SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam [PAI] Dalam Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Walisanga Tankil Tengah Kedungwuni Pekalongan
Dalam dunia pendidikan, yang memegang kunci dalam pembangkitan dan pengembangan daya kreativitas anak itu adalah guru. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hasil yang sifatnya baru, inovatif, belum ada sebelumnya, menarik, dan berguna bagi masyarakat. Kreativitas peserta didik dalam belajar sangat bergantung pada kreativitas guru dalam mengembangkan materi standard, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Sedangkan dalam pengembangan media pembelajaran, hendaknya guru menyesuaikan dengan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, bahan ajar, karakteristik media itu sendiri, dan sifat pemanfaatan media.
Dalam penggunaan media pembelajaran agama, hendaknya guru dapat menyesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disajikan dan dapat menarik perhatian siswa, dan tidak bertentangan dengan syari’at agama atau tidak melanggar etika agama.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran di MIWS Tangkil Tengah Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana upaya guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran di MIWS Tangkil Tengah Kedungwuni Pekalongan? Apa kendala-kendala atau hambatan-hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kreativitas penggunaan media pembelajaran di MIWS Tangkil Tengah Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana solusi yang dilakukan guru PAI dalam pengembangan kreativitas penggunaan media pembelajaran di MIWS Tangkil Tengah Kedungwuni Pekalongan?
Penelitian yang penulis lakukan di MIWS Tangkil Tengah ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MIWS Tangkil Tengah secara manual, dalam proses pembelajaran memakai media pembelajaran. Akan tetapi tergantung dengan materi pembelajarannya (kondisional). Disamping itu, guru juga memiliki kreativitas dalam menggunakan media-media pembelajaran yang ada dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi yang akan sampaikan, yaitu disesuaikan dengan materi, tujuan, metode dan karakteristik siswa dikelas sehingga pemahaman siswa dengan penggunaan media pempelajaran dapat lebih mudah dicapai.
11SK111621.00 | SK PAI13.1116 IST u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain