SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di SD Islam YMI Wonopringgo
Kata kunci : Active Learning, Pendidikan Agama Islam
Permasalahan pendidikan agama Islam menjadi perhatian guru dan siswa adalah monoton dalam pembelajaran, dimana guru dituntut menciptakan pembelajaran aktif dikelas menyampaikan materi dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk bisa berinteraksi. Pendidikan agama Islam merupakan materi pelajaran yang penting dimana berkaitan dengan nilai-nilai moral agama sehingga penyampaian materi harus bisa mendapat perhatian siswa. Oleh karena itu, tantangan bagi pendidikan agama Islam adalah bagaimana mengimplementasikan active learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bukan hanya ceramah dan siswa mendengarkan tetapi juga partisipasi dari siswa didalam kelas untuk mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru.
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana penerapan active learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas V dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan active learning di SD Islam YMI Wonopringgo 02? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan active learning dalam pembelajaran PAI dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan active learning. Kegunaan dari hasil penelitian ini antara lain: dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri pada khususnya tentang pembelajaran aktif, dan dapat dijadikan pedoman, dasar, tolok ukur serta landasan bagi penelitian selanjutya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan active learning dapat dilihat dari kebijakan pembelajaran aktif yang diterapkan oleh sekolah, model active learning yang digunakan guru dalam mengajar, dan peran guru PAI. Dari hasil penelitian, Implementasi active learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah cukup baik. Pada kebijakan pembelajaran aktif, upaya kepala sekolah dalam menerapkan active learning sudah ada seperti mengadakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bersama setiap seminggu sekali,peningkatan mutu SDM guru untuk meningkatkan mutu sekolah, dan menjaga kepribadian
dihadapan siswa. Faktor pendukung dalam menerapkan active learning pada
pembelajaran pendidikan agama Islam adalah terpenuhinya sarana dan prasarana,
adanya respon positif siswa, dan adanya partisipasi aktif wali murid. Sedangkan
faktor penghambat dalam menerapkan active learning pada pembelajaran
pendidikan agama Islam adalah minimnya alokasi waktu, minimnya kreatifitas
guru, dan beban mental UASBN yang menghinggapi stakeholder.
11SK111121.00 | SK PAI13.1111 RIS i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain