SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Di SMP N 8 Pekalongan
Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Internalisasi, Nilai-nilai Ajaran Islam.
Pendidikan Islam berorientasi pada pendidikan nilai, baik nilai ketuhanan maupun nilai kemanusiaan. Sehingga perlu adanya proses internalisasi nilai agar nilai tersebut tertanam pada diri setiap peserta didik. Salah satu upaya untuk menginternalisasikan nilai tersebut adalah dengan metode pembiasaan di lingkungan sekolah. Dengan melaksanakan kegiatan–kegiatan dan praktik-praktik keagamaan secara terprogram dan rutin (pembiasaan) diharapkan dapat mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam secara baik kepada peserta didik.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam?, nilai-nilai keislaman apa yang diinternalisasi melalui metode pembiasaan? Dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam di SMP N 8 Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam, untuk mengetahui nilai-nilai ajaran Islam yang diinternalisasi melalui metode pembiasaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam di SMP N 8 Pekalongan. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah sebagai pengetahuan mengenai metode pembiasaan dalam internalisasi nilai ajaran Islam, sebagai masukan bagi guru SMP, terutama SMP N 8 Pekalongan dalam pelaksanaan metode pembiasaan sebagai upaya internalisasi nilai ajaran Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP N 8 pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yang saling berinteraksi, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembiasaan yang diterapkan yaitu baca tulis al-Quran, doa sebelum dan sesudah pelajaran, tadarus al-Quran, berpakaian islami, latihan infaq dan sodaqoh serta menjaga kelestarian alam. Bentuk pembiasaan tersebut mengandung nilai-nilai antara lain nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Hal yang menjadi dukungan adalah sarana-prasarana yang memadai, serta program yang jelas dan berlangsung lama. Adapun hal yang menjadi penghambat adalah kesadaran peserta didik yang masih kurang, peserta didik yang masih labil, dan peserta didik kurang disiplin.
11SK110921.00 | SK PAI13.1109 LIS m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain