SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam SMP Salafiyah Pekalongan (Studi Analisis Perspektif Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen)
Kata Kunci: Kompetensi, Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini di latar belakangi oleh urgensinya kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, dimana guru pendidikan agama Islam memiliki tanggung jawab atas perannya sebagai guru pendidikan agama Islam yang dituntut mampu mengarahkan dan membimbing peserta didiknya menjadi insan kamil. Landasan pada penelitian ini adalah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 1 yang menyebutkan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi professional dan kompetensi kepribadian. Peneliti menfokuskan pada kompetensi kepribadian yang dijelaskan dalam undang-undang tersebut bahwa kompetensi kepribadian adalah kemampuan guru dalam berkepribadian yang mantab, stabil, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didiknya dan berakhlak mulia. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui sejauh mana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam SMP Salafiyah Pekalongan dalam perspektif Undang-undang Nomor 14 tahun 2005.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pemahaman guru pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan tentang konsep dasar kompetensi kepribadian, bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Salafiyah Pekalongan dan apa saja faktor-faktor yang menghambat guru pendidikan agama Islam SMP Salafiyah Pekalongan dalam memenuhi kriteria kompetensi kepribadian yang telah diamanatkan dalam undang-undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reaserch). Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menyusun data penulis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1.) Guru SMP Salafiyah Pekalongan memahami konsep dasar kompetensi kepribadian. 2.) Guru SMP Salafiyah Pekalongan sudah memenuhi criteria kompetensi kepribadian yaitu mantab, stabil, dewasa, displin, arif berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.3.) Hambatan guru SMP Salafiyah Pekalongan dalam memenuhi kriteria kompetensi kepribadian dari faktor intern dan ekstern guru. Adapun dari faktor intern adalah dalam kestabilan emosi yang terkadang kurang terkontrol dan memahami karakter peserta didik yang berbeda-beda. Sedangkan dari faktor ekstern adalah pola kebiasaan siswa dan terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah.
10SK109121.00 | SK PAI13.1091 KAR k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain