SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Bermain Eksplorasi Di PAUD Green School Pekalongan
Kata kunci: metode bermain eksplorasi dan PAUD Green School Pekalongan. Pemilihan metode biasanya mempertimbangkan keadaan dan kebutuhan anak. Sehingga anak merasa nyaman dan tidak terpaksa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk memilih dan menetapkan metode dapat ditempuh melalui eksplorasi. Dimulai dengan mengeksplorasi pertanyaan substansial meliputi kebutuhan anak. Pemilihan metode biasanya mempertimbangkan keadaan dan kebutuhan anak. Sehingga anak merasa nyaman dan tidak terpaksa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk memilih dan menetapkan metode dapat ditempuh melalui eksplorasi. Misalnya, dimulai dari sesuatu yang paling penting dimiliki anak. Bila dieksplorasi lebih lanjut, maka kegiatan tersebut dapat mencapai sesuatu yang bersifat kognitif (pengetahuan), afektif (sikap hidup), dan psikomotorik (keterampilan). Pembelajaran anak usia dini harus menerapkan esensi bermain. Esensi bermain meliputi perasaan menyenangkan, merdeka, bebas memilih, dan merangsang anak terlibat aktif. Jadi, prinsip bermain sambil belajar mengandung arti bahwa setiap kegiatan pembelajaran harus menyenangkan, gembira, aktif, dan demokratis. Belajar berfungsi untuk mengenalkan anak terhadap lingkungan sekitarnya. Dari uraian tersebut di atas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: bagaimana penerapan metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan, apa faktor pendukung dan penghambat metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan, bagaimana hasil belajar anak dengan menggunaka metode bermain eksplorasi. Tujuan yang hendak dicapai penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mendekripsikan implementasi penggunaan metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan. Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik PAUD Green School Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan tentang pentingnya metode mengajar yang tepat sesuai tujuan pembelajaran, dapat mengkaji lebih jauh bahwa Pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini adalah pembelajaran yang menggunakan prinsip belajar, bermain, dan bernyanyi. Pembelajaran disusun sehingga menyenangkan, menggembirakan, dan demokratis agar menarik anak untuk terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode bermain eksplorasi tidak hanya memberikan anak kemampuan untuk belajar tentang lingkungannya saja, tetapi dapat mendorongnya untuk belajar lebih banyak lagi. Sedangkan kegunaan praktis dari penelitian ini adalah memberikan masukan kepada guru tentang cara dan upaya agar lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik dan meningkatkan pengetahuan baik secara kognitif, afektif, psikomotorik serta pengalaman secara langsung dilingkungannya. Dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna untuk penulisan selanjutnya yang berkaitan dengan metode pembelajaran pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan pelaksanaannya dilakukan secara klasikal dan sentra. Proses pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Proses pembelajaran di sini lebih memberikan kebebasan anak sesuai keinginan dan kebutuhan anak tetapi tetap disesuaikan dengan rencana kegiatan harian yang dibuat oleh guru. Media yang digunakan dalam metode bermain eksplorasi di PAUD Green School Pekalongan dapat memanfaatkan alam sekitar sebagai bahan dan sumber belajar. Kegiatan belajar dan bermain dengan menggunakan metode eksplorasi memilki faktor pendukung yang meliputi faktor sumber daya alam, sikap anak dan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya adalah anak sulit dikondisikan dan kurangnya guru pendamping. Hasil belajar di PAUD Green School Pekalongan dengan menggunakan metode bermain eksplorasi adalah anak dapat berkembang secra kognitif, berwawasan lingkungan, kritis dan kreatif.
10SK108821.00 | SK PAI13.1089 ALB i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain