SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan (Studi Kasus di Desa Rengas Kecamatan Kedungwuni Barat Kabupaten Pekalongan)
Kata Kunci : Implementasi Pemberdayaan Masyarakat
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah Society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat (Society) merupakan istilah yang digunakan untuk menerangkan komunitas manusia yang tinggal bersama-sama. Dari segi perlaksanaan, ia bermaksud sesuatu yang dibuat - atau tidak dibuat - oleh kumpulan orang itu. Pemberdayaan pada masyarakat pada intinya bertujuan untuk membangun masyarakat untuk mendapatkan daya, kekuatan dan kemampuan untuk mengambil keputusan dan tindakan yang akan dilakukan dan berhubungan dengan diri klien tersebut, termasuk mengurangi kendala pribadi dan sosial dalam melakukan tindakan. Desa Rengas adalah sebuah desa yang terletak di tengah-tengah antara daerah desa Bugangan dengan desa Karang Jati. Desa tersebut masuk kedalam wilayah Kecamatan Kedungwuni Barat Barat dan Kabupaten Pekalongan. Desa Rengas termasuk dalam kawasan daerah tertinggal pendidikan pada tahun 2012. Kehidupan masyarakat Desa Rengas, sebagian besar dihabiskan untuk mencari nafkah dan sebagian dalam pendidikan hanya sampai dibangku SD, sedangkan presentase masyarakat lulusan SMP dan SMA hanya sebagian kecil saja. Kesadaran masyarakat pendidikan masih tergolong sangat rendah, mereka masih terjebak pada persepsi bahwa pendidikan tak akan mampu mengubah kehidupan ekonomi mereka. Persepsi salah mengenai pendidikan tersebut, masih mengungkung kesadaran akan pendidikan, padahal pada hakikatnya bahwa melalui pendidikanlah, taraf ekonomi masyarakat suatu daerah akan meningkat secara signifikan.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan di Desa Rengas Kecamatan Kedungwuni Barat Kabupaten Pekalongan?, Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat dalam Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan di Desa Rengas Kecamatan Kedungwuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan desa Rengas kecamatan Kedungwuni Barat Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat dalam implementasi pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan desa Rengas kecamatan Kedungwuni Barat Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan menambah wawasan dan juga memberikan referensi baru bagi perkembangan ilmu
pengetahuan, khususnya mengenai efektifitas program pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitataif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu menekankan analisisnya pada data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan catatan, serta buku-buku yang dijadikan sebagai landasan dalam penelitian.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Implementasi pelaksaaan program pemberdayaan masyarakat desa Rengas telah berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini terlihat dari langkah-langkah pihak perangkat desa yang melakukan pendekatan sosialisasi kepada warga mengenai program-program apa sajakah yang akan dilaksanakan hingga mengenai waktu pelaksanaan program. Implementasi terlihat dari respons masyarakat yang kebanyakan antusias dan mendukung akan program tersebut. Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan desa Rengas Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dilaksanakan untuk warga desa Rengas. Program tersebut terlaksana atas koordinasi pihak desa Rengas bersama tokoh desa Rengas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan di desa Rengas yaitu : Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Program Pendidikan Taman Kanak-kanak. Faktor yang mendukung pelaksaan program pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan desa Rengas, yaitu: ketersediaan lokasi, peran serta jajaran perangkat desa, kepastian hukum. Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, yaitu: rendahnya tingkat kesadaran masyarakat desa Rengas akan pendidikan anak usia dini, rendahnya anggaran pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan desa dari provinsi melalui Pemerintah Kabupaten Pekalongan.
10SK108721.00 | SK PAI13.1087 ROK i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain