SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fiqh di MSI Hidayatul Athfal 07 Banyurip Alit Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Metode Demonstrasi, prestasi belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Skripsi ini merupakan suatu kajian tentang peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Kota Pekalongan. Pada mata pelajaran fiqih di Kelas IV Semester I Materi zakat Siswa MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Pekalongan, hasil pelajaran rata-rata siswa masih dibawah standar yang telah ditentukan yaitu 70. Karena para guru selama ini hanya menggunakan metode klasikal saja, tidak ada fariasi, semua materi diajarkan menggunakan metode yang sama. Hal ini menuntut profesionalitas seorang guru dalam mendesain sebuah pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dari proses pembelajaran. Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas IV guru masih selalu menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan proses pembelajaran fiqih, guru mencoba menggunakan model pembelajaran yang variatif dan berorientasi konstruktivistik, salah satunya adalah Metode Demonstrasi. Motode demonstrasi merupakan suatu metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk memperagakan sesuatu yang kemudian diamati dan dibahas.
Adapun yang dijadikan permasalahan dari skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di kelas IV MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit dan bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Pekalongan serta apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Pekalongan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dan mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran fiqih serta untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dan memperdalam khasanah pengetahuan tentang metode demonstrasi yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan diharapkan dapat menjadi pedoman dalam mengatasi dan menanggulangi permasalahan pada proses belajar mengajar serta menjadi bahan masukan yang obyektif dalam meningkatkan prestasi siswa.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana pencermatan yang dilakukan oleh guru dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang ditujukan kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dan analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dengan rumus statistik mean.
Hasil penelitian ini adalah dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada kelas IV MSI Hidatul Athfal 01 Banyurip Alit Pekalongan termasuk mengalami peningkatan prestasi belajarnya dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dari jumlah siswa 37 anak, pada prasiklus data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,24 dan siswa yang masih dibawah standar KKM ada 18 siswa dengan prosentase 49% dan 19 siswa yang nilainya sudah diatas KKM dengan prosentase 51%. Dan pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,55 dan ada 8 siswa yang belum lulus KKM dengan prosentase 22% dan 29 siswa yang telah mencapai diatas KKM dengan prosentase 78% Pada siklus ke 2, dari hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,37 dan semua siswa telah mencapai ketuntasan 100% dengan nilai diatas KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Maka hasil tes akhir menunjukkan adanya peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqih juga mengalami peningkatan. sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MSI Hidayatul Athfal 01 Banyurip Alit Kota Pekalongan tahun ajaran 2012/2013 telah mencapai keberhasilan.
10SK108621.00 | SK PAI13.1086 ZAH p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain