SKRIPSI PAI
Telaah Tentang Nilai-nilai Pendidikan Pembebasan Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK ( Studi asas Pemikiran Pendidikan Paulo Freire)
Skripsi ini dilatarbelakangi kenyataan hakekat pendidikan adalah memanusiakan manusia. Skripsi ini mengacu pada pemikiran Paulo Freire. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan pembebasan, bagaimana konsep implementasi KBK, serta bagaimana nilai-nilai pendidikan pembebasan Paulo Freire dalam KBK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pembebasan yang diajarkan oleh Paulo Freire, peserta didik sebagai subjek merupakan penghargaan terhadap peserta didik sebagai manusia sebagaimana fitrahnya. KBK yang menggunakan metode bervariatif dan berpusat pada anak memberikan kebebasan kepada anak beraktifitas dalam pembelajaran yang kreatif. Sehingga diharapkan anak menjadi seorang yang kreatif, demokratis, dan bertanggung jawab.
10SK108295.00 | SK 375 ASN t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain