SKRIPSI PAI
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMADIYAH DAN IKHWANUL MUSLIMIN (SUATU STUDI PERBANDINGAN)
Pendidikan Islam merupakan kebutuhan dan solusi atas problematika umat sehingga Islam yang integral dan terkonsep dengan baik dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan umat Islam. Muhammadiyah merupakan gerakan pembaharuan yang bergerak dalam dakwah dan pendidikan. Penelitian ini membahasa konsep pendidikan Islam menurut Muhammadiyah dan Ikhwanul Muslimin. Bagaimana konsep Pendidikan Islam menurut Muhammadiyah, bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Ikhwanul Muslimin dan bagaimana persamaan dan perbedaan konsep pendidikan Islam menurut Muhammadiyah dan Ikhwanul Muslimin. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan konsep pendidikan menurut Muhammadiyah dan Ikhwanul Muslimin adalah tujuan pendidikan Islam yang berorientasi untuk merealisasikan identitas Islami yakni kepribadian muslim kaffah dan kepribadian yang bersifat integral dan komprehensif menyentuh seluruh aspek kehidupan yang dilandasi semangat al Quran dan hadits. Perbedaannya, Muhammadiyah ditujukan untuk pembentukan insan muslim yang berakhlak mulia dan pemahaman ajaran Islam dengan sebenar-benarnya, memadukan sistem pendidikan pesantren tradisional dengan pendidikan modern, lembaga pendidikan yang berjenjang dan terstruktur, sedangkan Ikhwanul Muslimin memiliki lembaga pendidikan formal dan nonformal serta halaqah.
10SK108280.00 | SK 2X7.3 MAR k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain